Beli iPhone Bekas, Ini Cara Cek Keaslian Komponennya

| Kamis, 02/09/2021 12:41 WIB
Beli iPhone Bekas, Ini Cara Cek Keaslian Komponennya Iphone X menjadi smartphone terlaris berbasis IOS sepanjang Kuartal I 2018.

RADARBANGSA.COM - Apple tidak pernah mengecewakan ketika mengeluarkan sebuah produk, mulai dari sebuah Macbook hingga iPhone masih bernilai tinggi walaupun telah digunakan beberapa tahun berikutnya. Sehingga, tidak jarang bagi para pengguna untuk lebih memilih membeli produk bekas atau sudah pernah dipakai sebelumnya.

Membeli produk bekas tentunya harus hati-hati, walaupun harga yang ditawarkan tentunya lebih terjangkau dengan kualitas yang tidak berbeda jauh dengan produk baru.

Namun, beberapa risiko bisa saja terjadi, salah satunya kemungkinan iPhone telah diganti dengan beberapa komponen yang palsu. Hal ini tentunya mengharuskan para calon pembeli iPhone bekas untuk lebih detail dan memperhatikan berbagai aspek berikut, agar mendapatkan produk iPhone bekas dengan kualitas baik.

1. Cek Pemberitahuan di Pengaturan

Pada tahun 2019 lalu, Apple meluncurkan iOS 13 yang dilengkapi fitur pemberitahuan jika produk dilengkapi dengan komponen palsu.

Pada iOS 14, pemberitahuan ini bahkan muncul pada notification. Pemberitahuan ini juga bisa di lihat di Pengaturan.

Caranya hanya dengan membuka menu Pengaturan, pilih General, lalu pilih menu About. Jika iPhone tersebut diisi dengan komponen palsu, maka akan muncul pemberitahuan berbunyi “ Unable to verify this iPhone has a genuine Apple display”.

Namun sayangnya fitur belum bisa mendeteksi seluruh komponen perangkat. Hanya untuk komponen kamera dan layar saja. 

2. Kesehatan Baterai

Jika iPhone dilengkapi dengan komponen palsu, penurunan daya tahan akan cepat. Salah satu kekurangan produk iPhone karenna baterai yang kurang awet jika dibandingkan dengan produk andorid.

Namun, jika penurunan kapasitas dan daya tahan yang tidak normal dapat menjadi tanda bahwa iPhone yang tersebut menggunakan komponen palsu. Oleh karenanya, sebelum memutuskan beli iPhone bekas, sebaiknya cek dulu kesehatan baterai.

Caranya cukup buka menu Pengaturan, ketuk menu Battery, lalu ketuk pilihan Battery Time. Sama seperti sebelumnya, akan terlihat pemberitahuan yang menyatakan bahwa baterai yang dipakai asli atau tidak. 

3. Indikator Kontak Cairan

Semua generasi iPhone telah dilengkapi dengan sensor pelacakan air yang terletak di dalam slot kartu SIM. Sensor tersebut berfungsi untuk menunjukkan apakah perangkat pernah bersentuhan dengan air atau cairan lainnya.

Indikator ini dapat dilihat dari luar dan akan aktif jika terkena cairan. Umumnya, indikator ini berwarna perak atau putih. Lalu, saat terpapar air, warna akan berubah jadi merah seluruhnya.

Bagian ini yang paling mudah kita amati untuk menentukan iPhone palsu atau bukan. Pasalnya, sebagian besar iPhone palsu biasanya tidak dibekali indikator kontak cairan. Jadi, selalu perhatikan bagian ini ketika akan membeli iPhone bekas.

 

 

Tags : iPhonebekas , Apple , Palsu

Video Terkait