Menparekraf Sebut Rasa Aman Sangat Penting Bagi Kemajuan Pariwisata

| Kamis, 12/11/2020 20:45 WIB
Menparekraf Sebut Rasa Aman Sangat Penting Bagi Kemajuan Pariwisata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama (foto: Setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengatakan rasa aman menjadi hal yang sangat penting menuju kemajuan pariwisata.

"Jadi memang untuk membuat pariwisata itu maju, bukan hanya keindahan alam, infrastruktur, budaya, dan masalah pemasaran, tetapi juga kita harus menciptakan rasa nyaman dan rasa aman bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 ini, rasa aman menjadi hal yang sangat penting menuju kemajuan pariwisata," kata Wishnutama di Labuan Bajo, NTT, Kamis, 12 November 2020.

Ia mengemukakan hal itu di sela-sela kegiatan simulasi Protokol Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan (Protokol 3K) dan pilihan menjadikan Labuan Bajo sebagai lokasi pertama kegiatan. Menurut Wishnutama, Labuan Bajo dipilih sebagai lokasi simulasi karena memiliki nilai strategis, di antaranya pada 2023 Labuan Bajo akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asean Summit dan G20.

Karena itu, jelasnya, perlu ada penyamaan perspektif media terhadap bentuk keselamatan dan keamanan bagi wisatawan yang hadir. "Maka untuk pertama kalinya, kita melakukan persiapan atau SOP Protokol 3K secara terintegrasi bersama kementerian dan lembaga terkait," tuturnya.

Wishnutama juga menegaskan bahwa pariwisata tidak akan berkualitas kalau tidak memberikan rasa aman bagi pengunjung atau wisatawan. "Ini adalah upaya kita yang pertama dan awal mula yang sudah kita saksikan bersama. Kita akan melakukan hal serupa di destinasi wisata lain di Tanah Air," ucapnya.

Tags : Menparekraf , Pariwisata , COVID-19 , Wishnutama , Indonesia