Shin Tae-Yong Minta Semua Pihak Dukung Kemajuan Sepakbola Indonesia

| Kamis, 09/01/2020 18:34 WIB
Shin Tae-Yong Minta Semua Pihak Dukung Kemajuan Sepakbola Indonesia Shin Tae-Yong (Pelatih Timnas Indonesia). (Foto: twitter @webbolakaki)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) resmi menunjuk pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-Yong menukangi tim nasional (timnas) Indonesia. Bahkan, federasi sepakbola Indonesia itu meminta Tae-Yong juga melatih timnas junior, khususnya U-20.

Tae-Yong yang dikontrak selama 3 tahun itu juga diminta mengurus semua hal yang berkaitan dengan timnas Indonesia. Harapan besar itu dinilai Tae-Yong sebuah beban berat.

Menurutnya, menangani timnas Indonesia bukan perkara mudah tapi juga penuh tekanan. Ia mengaku sangat menyadari hal tersebut.

"Perasaan saya saat ini jujur ada sedikit beban. Ada keinginan untuk memberikan yang terbaik. Setelah bertemu langsung dengan PSSI dan mengetahui tingginya harapan masyarakat Indonesia terhadap kemajuan timnas dan sepakbolanya," kata Tae-Yong dilansir dari laman resmi PSSI, Kamis, 9 Januari 2020.

Dia mengakui, melatih diluar Korea Selatan merupakan tantangan. Tae-Yong menyebut bahwa melatih Indonesia pengalaman pertamanya diluar negeri.

"Sesungguhnya melatih timnas Indonesia merupakan tantangan berat, dan ini akan menjadi pengalaman saya melatih diluar Korea. Bahasanya berbeda, lingkungannya berbeda, dan budayanya juga berbeda," papar pelatih 50 tahun itu.

Diungkapkannya, Indonesia memiliki potensi bagus dalam sepakbola. Hanya saja, perlu banyak pihak yang harus bekerja sama untuk membawa negara ini sukses.

"Bukan juga pemain saja yang bermain baik, lalu semuanya bisa membaik, dan langsung juara. Untuk bisa menang, mulai dari pihak federasi, staf tim, pemain, dan seluruh pelatih harus bersinergi menjadi satu terlebih dahulu," pungkas mantan pelatih Seongnam FC itu.

Tags : Shin Tae-Yong , Timnas Indonesia , PSSI