Timnas Indonesia Batal Ikut Turnamen Piala AFF U-23 di Kamboja

| Sabtu, 12/02/2022 17:17 WIB
Timnas Indonesia Batal Ikut Turnamen Piala AFF U-23 di Kamboja Tim Nasional Indonesia. (Foto: PSSI/Bolatimescom)

RADARBANGSA.COM - Tim nasional (Timnas) Indonesia akhirnya batal mengikuti turnamen Piala AFF U-23 2022 di Kamboja. Kejuaraan tersebut dijadwalkan akan digelar pada 14-26 Februari 2022 mendatang. 

Pembatalan keikutsertaan Timnas Indonesia dalam turnamen tersebut disampaikan langsung PSSI dalam pernyataan di laman resminya, Jumat, 11 Februari 2022. PSSI menyatakan beberapa alasan pembatalan tersebut. 

Pertama ada tujuh pemain yang positif COVID-19 dan 1 ofisial. Tujuh pemain itu adalah Ronaldo Joybera R Junior, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Selain itu, ada empat pemain yang menunggu masa inkubasi karena satu kamar dengan mereka yang terpapar COVID-19. Mereka adalah Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Alasan kedua, ada tiga pemain yang mengalami cedera, yakni Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal. Tiga pemain itu mengalami cedera saat memperkuat klubnya masing-masing di BRI Liga 1. Beberapa pemain itu saat ini sedang dalam masa pemulihan.

Saat ini hanya tersisa satu orang kiper, yakni Muhammad Riyandi. Namun, Riyandi baru saja menjalani karantina selama 10 hari. Satu kiper lainnya, yakni Cahya Supriyadi juga positif COVID-19.

Kondisi ini membuat Shin Tae-yong mengirim surat resmi kepada federasi dan mengusulkan untuk membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23. Permintaan Shin Tae-yong ini kemudian direspons oleh PSSI.

"Dengan sangat menyesal, kami harus membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23 karena alasan di atas. Kami meminta maaf kepada semua pihak karena situasi ini di luar kendali kami. Saat ini kami fokus untuk penyembuhan pemain yang terkena covid-19 dan yang mengalami cedera,” ujar Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Tags : Piala AFF U-23 , Indonesia , PSSI

Berita Terkait