Gareth Southgate Dinilai Masih Layak Pimpin Timnas Inggris

| Jum'at, 16/12/2022 20:53 WIB
Gareth Southgate Dinilai Masih Layak Pimpin Timnas Inggris Gareth Southgate (Pelatih Timnas Inggris). (Foto: goalcom)

RADARBANGSA.COM - Posisi pelatih kepala tim nasional (Timnas) Inggris, Gareth Southgate terancam karena gagal di Piala Dunia 2022. Inggris harus takluk di babak perempatfinal usai dikalahkan Prancis 1-2.

Mantan pemain Inggris, Gary Neville berharap Gareth Southgate melanjutkan pekerjaannya sebagai pelatih Timnas Inggris hingga Piala Eropa 2024. Neville merasa Southgate layak diberikan kesempatan untuk membuktikan kualitasnya.

Melihat performa Southgate di Piala Dunia, Gary Neville merasa permainan yang ditampilkan Inggris tidaklah buruk. Terlebih jika melihat performa Inggris di bawah asuhan Southgate di dua turnamen besar sebelumnya.

"Itu (pergantian pelatih) tidak berjalan dengan baik setelah turnamen-turnamen itu (Piala Dunia) dan saya pikir Gareth (Southgate) melakukan pekerjaan yang sangat baik dan satu turnamen lagi (Piala Eropa 2024) bagi saya terasa tepat,” ujar Neville dikutip dari Fotmob.

Kepastian nasib Gareth Southgate sebagai pelatih Inggris hingga saat ini belum jelas. Banyak yang menginginkan Southgate untuk tetap melatih setidaknya hingga Piala Eropa 2024, tapi tidak sedikit yang berpikir sebaliknya.

"Akan ada orang yang yang berkata, 'anda harus memiliki seseorang yang membuat kami melewati batas, anda harus memiliki seseorang yang memiliki mental juara, anda harus mengganti manajer'," tandasnya.

Apa yang dilakukan Gareth Southgate di Piala Dunia 2022 bukanlah hal yang buruk. Meskipun terhenti di perempat final, Inggris mampu tampil bagus di laga-laga sebelumnya.

"Dia (Southgate) telah melihat semuanya, dan saya pikir dia harus tetap berada dalam sistem untuk merancang masa depan. Dia telah berada di sana selama 10 tahun. Saya ingin dia tetap bersama FA di luar peran kepelatihannya," tambah Neville.

Tags : Inggris , Gareth Southgate , Gary Neville