AFC Rombak Turnamen Antarklub Asia Mulai 2024 Jadi Tiga Kasta

| Selasa, 15/08/2023 23:07 WIB
AFC Rombak Turnamen Antarklub Asia Mulai 2024 Jadi Tiga Kasta Logo AFC Champions League. (Foto: Dnews)

RADARBANGSA.COM - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) merombak turnamen antarklub Asia menjadi tiga kasta yang terdiri dari Liga Champions Asia Elite, Liga Champions Asia 2, dan AFC Challenge League. Turnamen tersebut mulai digelar apda musim 2024/2025 mendatang.

Sebelumnya, turnamen antarklub Asia hanya terdiri dari dua kejuaraan yang meliputi Liga Champions Asia dan Piala AFC.

AFC memutuskan perubahan itu dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) secara virtual yang dipimpin Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa.

Selain itu, AFC juga bakal menggelar Liga Champions Asia Wanita untuk pertama kalinya pada 2024/2024.

"Pertemuan itu memperkuat komitmen konfederasi untuk membangun lanskap klub yang lebih layak secara komersial untuk asosiasi anggota sambil memperkuat rasa kedekatan dengan semangat penggemar Asia," tulis AFC dalam situsnya.

Liga Champions Asia Elite akan diikuti oleh 24 klub, Liga Champions Asia 32 tim, dan AFC Challenge League 20 kesebelasan.

AFC mengungkapkan bahwa juara Liga Champions Asia Elite akan mendapatkan total 12 juta USD atau setara dengan Rp184 miliar, meningkat 4 juta USD (Rp61 miliar).

Sementara, runner-up Liga Champions Asia Elite bakal menerima 6 juta USD (Rp92 miliar). Namun, hadiah untuk Liga Champions Asia 2 dan AFC Challenge League tidak diungkap.

"Turnamen klub kami sudah termasuk yang terbaik dan paling menguntungkan di sepak bola Kontinental. AFC memulai era baru dan bersejarah dengan inisiatif berwawasan ke depan ini di sepak bola klub pria dan wanita Asia," ucap Shaikh Salman.

Tags : AFC , Sepak Bola , Asia , Turnamen

Berita Terkait