Entaskan Kemiskinan di Desa, Pemerintah Bikin `Program Bekerja`

| Senin, 23/04/2018 20:27 WIB
Entaskan Kemiskinan di Desa, Pemerintah Bikin `Program Bekerja` Menteri Amran, Menteri Eko Putro Sandjojo dan Menteri Rini Soemarno saat melakukan panen di Ciamis. (foto: Kementan)

CIANJUR, RADARBANGSA.COM - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengungkapkan bahwa kementerian yang dipimpinnya tengah membuat gebrakan baru soal mengentaskan kemiskinan di desa-desa.

Program yang tengah digarap oleh Kementerian Pertanian (Kementan) itu adalah Program Bekerja atau Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera yang ditargetkan menjangkau 1.000 desa di 100 kabupaten.

“Sesuai arahan Presiden Jokowi, Program Bedah Kemiskinan ini adalah bagian program padat karya tunai, berbasis pada pertanian. Sektor pertanian harus menjadi ujung tombak untuk menekan angka kemiskinan khususnya di desa, serta mengangkat kesejahteraan petani,” kata Amran di Cianjur, Senin 23 April 2018.

Mentan berharap, program tersebut dapat mengentaskan kemiskinan di perdesaan baik melalui jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang, “Untuk jangka pendek, tanaman sayuran bisa menjadi solusi karena tiga bulan sudah bisa panen. Untuk jangka menengah kita berikan ayam dan kambing, karena ayam misalnya sudah bisa bertelur di enam bulan," harapnya.

"Sementara untuk jangka panjang tanaman keras seperti manga, salak dan lain-lain," kata Amran.

Tags : Menteri Pertanian , Kementan ,