Ketua DPR RI: Tambahan Cuti Bersama Baik Untuk Ekonomi Daerah

| Jum'at, 04/05/2018 23:01 WIB
Ketua DPR RI: Tambahan Cuti Bersama Baik Untuk Ekonomi Daerah Bambag Soesatyo (Ketua DPR RI).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Polemik soal cuti bersama lebaran masih dilakukan pembahasan oleh menteri terkait dan pelaku ekonomi. Namun, keputusan cuti bersama mendapat dukungan dari Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo.

Bambang mendukung langkah pemerintah menambah cuti bersama Lebaran 2018. Dia menilai, penambahan ini akan berdampak positif terhadap ekonomi di daerah.

Bambang mengungkapkan, dengan waktu libur yang lebih panjang, masyarakat akan memiliki lebih banyak waktu di daerah, baik dalam rangka mudik maupun berwisata. Dengan demikian, uang yang beredar di daerah juga akan lebih besar.

"Saya setuju cuti bersama diperpanjang. Karena dengan lamanya cuti, maka penyebaran uang, ekonomi ke daerah lebih bagus," ujarnya seperti dikutip liputan6.com, Jumat, 4 Mei 2018.

Terkait dengan keberatan yang disampaikan oleh pengusaha, Bambang menilai hal tersebut harus dicarikan jalan tengahnya. Menurutnya, pengusaha bisa mengatur waktu agar pekerjanya bisa masuk kerja secara bergantian saat masa cuti bersama Lebaran berlangsung.

"Itu sudah saya sampaikan kemarin bahwa bisa diatur shift-shift-annya. Intinya, saya sudah sampaikan ke teman-teman Kadin bahwa penambahan masa cuti itu baik untuk menggerakkan ekonomi daerah dan memberikan penyegaran pada pegawainya sendiri," jelas Bambang.

Namun demikian, Bambang meminta pemerintah agar segera mengumumkan kebijakan ini. Dengan demikian, pengusaha juga bisa menyusun rencana antisipasi agar tidak mengalami kerugian.

"Ya saya mendorong agar pemerintah tidak berubah sikap terhadap keputusannya memperpanjang cuti ini," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani memastikan jumlah hari cuti bersama Lebaran 2018 tetap mengikuti Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri. Dalam SKB tersebut diputuskan cuti bersama sebanyak 7 hari, sehingga total libur Lebaran menjadi 10 hari yaitu 11-20 Juni 2018.

Tags : Bambang Soesatyo , Cuti Bersama Lebaran , Perekonomian Daerah

Berita Terkait