India Siap Beli Sawit Indonesia, Ini Syaratnya?

| Senin, 04/11/2019 14:19 WIB
India Siap Beli Sawit Indonesia, Ini Syaratnya? Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menlu Retno Marsudi saat memberikan keteranga pers di Bangkok (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, Pemerintah India menyetujui persyaratan yang diminta Indonesia terkait ekspor sawit agar tidak ada perbedaan dengan Malaysia.

“Memang saat sekarang tarif kelapa sawit, baik itu untuk CPO maupun RBD sudah sama. Semula ada perbedaan 5 persen, namun sesuai dengan permintaan Bapak Presiden, Perdana Menteri Narendra Modi menerima itu sehingga tarif CPO itu sama, Refined Bio Blended itu sama, RBD itu sama,” kata Menteri Airlanggar Hartarto dikutip setkabgoid, Senin 4 November 2019.

Namun, lanjut Airlangga, India juga meminta Indonesia untuk bisa membeli beras dan gula dalam bentuk raw sugar dari mereka. Pemerintah sudah mengatakan diambil secara bertahap.

“Nanti bisa ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan ke depan dan memang per hari ini trade kita dengan India positif. Kita positif 8 miliar dollar AS, tertinggi di 2017 sebesar 10 miliar dollar AS, dan komoditas utamanya adalah batu bara dan kelapa sawit,” jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan PM India Narendra Modi melakukan pertemuan bilateral untuk membahas sejumlah kerjasama di bidang ekonomi termasuk sawit Indonesia.

Tags : KTT ASEAN India , Presiden Jokowi , Sawit

Berita Terkait