Menteri Agus Suparmanto Dorong Ekspor Cokelat melalui Penguatan Kakao Berkelanjutan

| Minggu, 17/11/2019 17:15 WIB
Menteri Agus Suparmanto Dorong Ekspor Cokelat melalui Penguatan Kakao Berkelanjutan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (kiri) foto: kemendaggoid

BALI, RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mendorong industri dan perdagangan pengolahan kakao dan cokelat melalui penguatan jalinan kemitraan industri dan eksportir dengan para petani kakao untuk memperkuat pasokan dan meningkatkan produksi kakao yang berkelanjutan (sustainable) dan ramah lingkungan. 

Pernyataan itu diungkapkan Mendag Agus Suparmanto saat menutup Konferensi Kakao Internasional Indonesia ke-7 (Indonesian International Cocoa Conference/IICC & Dinner) 2019 di Nusa Dua, Bali, hari ini, Jumat 15 November 2019 lalu.

"Indonesia sebagai negara utama penghasil biji kakao dan produk kakao di dunia, sangat berkepentingan atas upaya bersama para pemangku kepentingan dalam merespons isu-isu terkait industri kakao, khususnya produksi kakao global yang berkelanjutan," ungkap Mendag Agus.

Menurut Agus, salah satu cara menjaga pasokan kakao yang berkelanjutan yaitu dengan meningkatkan produksi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan melalui kemitraan industri pengolahan kakao dan cokelat dengan eksportir dan petani.

"Kemitraan yang terjalin di antara industri, eksportir, dan petani dapat memperkuat industri kakao di dalam negeri dan memajukan para petani kakao sekaligus perekonomian Indonesia," ungkap Mendag Agus.

Tags : Industri Kakau , Menteri Perdagangan Agus Suparmanto