Laboratorium Pangan, Kemendag: Garda Terdepan Jamin Keamanan Mutu Produk

| Selasa, 19/11/2019 18:01 WIB
Laboratorium Pangan, Kemendag: Garda Terdepan Jamin Keamanan Mutu Produk Gedung Kementerian Perdagangan (foto: kemendag.go.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan (Kemendag), Veri Anggrijono menyatakan, Pemerintah akan memperkuat peran laboratorium pengujian pangan guna mendukung peningkatan perlindungan konsumen dan kualitas produk pangan.

Untuk itu, kata Veri, Jejaring Laboratorium Pengujian Pangan Indonesia (JLPPI) harus menjadi garda terdepan dalam menjamin keamanan dan mutu produk sesuai persyaratan yang ditetapkan.

“Arus globalisasi membuat peningkatan perdagangan barang dan jasa ke dalam negeri sehingga berdampak pada meningkatnya peredaran produk yang tidak memenuhi ketentuan dan membahayakan konsumen. Kami yakin JLPPI dapat mengambil peran besar dalam mengatasi permasalahan tersebut," kata Veri Anggrijono dalam keterangan tertulisnya, Selasa 19 November 2019.

"Laboratorium Rujukan Pengujian Pangan Indonesia (LRPPI) dan laboratorium subjejaringnya harus menjadi garda terdepan dalam menjamin keamanan dan mutu produk sesuai persyaratan yang ditetapkan,” tambahnya.

Menurut Veri, tren perdagangan pangan global saat ini sangat diwarnai peningkatan regulasi isu keamanan, kesehatan, dan keselamatan konsumen. Hal ini terutama diterapkan negara maju seperti Uni Eropa dan Amerika Serikat sehingga dapat menghambat pelaku usaha Indonesia menembus dan memperluas pasar ke sana.

Tags : Laboratorium Pangan , Kemendag , Investasi

Berita Terkait