Ada Korupsi Dana BOS, Sri Mulyani Kaget

| Sabtu, 30/11/2019 20:01 WIB
Ada Korupsi Dana BOS, Sri Mulyani Kaget Sri Mulyani Indrawati (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku kaget karena dana bantuan operasional sekolah (BOS) masih dikorupsi. Menurutnya, penyaluran dana tersebut sudah sangat ketat dan tepat sasaran.

"Tadinya saya pikir nggak ada korupsi. Tapi tetap ada korupsi," kata Sri Mulyani di gedung Kemendikbud, Sabtu, 30 November 2019.

Baca Juga: Sri Mulyani Ungkap Peluang Investasi di Sektor Infrastruktur

Dijelaskannya, setiap tahun pemerintah mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20% atau setara Rp507 triliun dari total belanja APBN. Dari total itu, sekitar Rp200 triliun habis untuk gaji guru.

"Itu disalurkan kepada daerah dari transfer DAU dalam bentuk gaji guru, tunjangan profesi guru, sertifikasi guru," terangnya.

Baca Juga: Sri Mulyani: Masih Banyak Ruang Keuangan Syariah di Indonesia

Adapun penyaluran dana BOS tersebut juga termasuk yang diberikan pemerintah pusat ke 450 kabupaten/kota di 34 provinsi. Namun, Sri merasa kaget jika masih ada yang korupsi dana BOS.

"By name by address, sampai di-address diminta sama yang diatas. `kamu kan udah terima, minta dong setorannya`, itu yang terjadi begitu (korupsi)," pungkasnya.

Tags : Kemenkeu RI , Dana BOS , Korupsi , Sri Mulyani

Berita Terkait