BPS Prediksi Ekonomi 2019 Sama Stabilnya dengan Kondisi Bisnis dan Konsumen

| Kamis, 12/12/2019 13:37 WIB
BPS Prediksi Ekonomi 2019 Sama Stabilnya dengan Kondisi Bisnis dan Konsumen Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) RI.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkap bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2019 diperkirakan relatif stabil selaras dengan stabilnya optimisme pelaku bisnis (pelaku usaha) dan konsumen (ekonomi rumah tangga) di Indonesia.

Dalam risetnya, Badan Pusat Statistik (BPS) menggunakan dua pendekatan indikator dalam mempredisi arah pergerakan ekonomi Indonesia ke depan. Indikator dini (prompt indicator) yang digunakan adalah Indeks Tendensi Bisnis (ITB) dan Indeks Tendensi Konsumen (ITK). Kedua indikator ini saling melengkapi dalam memberikan informasi dini perkembangan ekonomi secara umum.

ITB melihat kondisi ekonomi dari perspektif pelaku bisnis, sedangkan ITK melihat kondisi ekonomi dari sisi konsumen. Informasi ekonomi yang dihasilkan dari kedua indikator ini adalah arah perekonomian triwulan berjalan dan prediksi triwulan mendatang.

Angka ITB menunjukkan bahwa kondisi bisnis dan optimisme pelaku bisnis tahun 2019 terus tumbuh. Kondisi ini terlihat dari nilai ITB yang di atas 100 selama tahun 2019. Selaras dengan kondisi bisnis, kondisi ekonomi konsumen pada tahun 2019 juga terus tumbuh. Kondisi ini tercermin dalam angka ITK selama tahun 2019 yang selalu di atas 100. Optimisme konsumen ini utamanya disebabkan oleh terjaganya inflasi.

Prediksi tentang arah pertumbuhan ekonomi sangat dibutuhkan, baik oleh pemerintah maupun dunia usaha. Pemerintah membutuhkan informasi ini untuk perencanaan dan penentuan kebijakan ekonomi ke depan. Sementara dunia usaha menggunakannya untuk memprediksi pangsa pasar ke depan.

Pada tahun 2019, perekonomian Indonesia dihadapkan pada perlambatan ekonomi global. Kondisi ini terlihat dari perkiraan pertumbuhan ekonomi dunia tahun 2019 yang melambat dari tahun sebelumnya. Beberapa negara maju yang menjadi mitra dagang utama dan negara tujuan ekspor terbesar Indonesia mengalami juga mengalami perlambatan ekonomi.

 

Tags : BPS , Ekonomi Indonesia 2019 , ITB , ITK