Resmikan Jalan Tol Pertama di Kalimantan, Presiden Jokowi: Bisa Tingkatkan Konektivitas

| Selasa, 17/12/2019 19:30 WIB
Resmikan Jalan Tol Pertama di Kalimantan, Presiden Jokowi: Bisa Tingkatkan Konektivitas Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan tol pertama di Kalimantan Timur, Selasa (17/12). (Foto: twitter @setkabgoid)

BALIKPAPAN, RADARBANGSA.COM - Usai bertemu dengan tokoh masyarakat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung menuju Gerbang Tol Samboja, Balikpapan, Selasa, 17 Desember 2019 siang, untuk meresmikan beroperasinya pembangunan seksi II, III, dan IV Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

Baca Juga: Presiden Jokowi Permisi ke Tokoh Masyarakat Kaltim Pindahkan Ibu Kota Negara

Menurut Jokowi, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang terdiri dari 5 (lima) seksi itu, telah selesai tiga seksi sepanjang 58,7 kilometer dari total 99,3 kilometer. Sehingga ada dua seksi lagi yang belum selesai, yakni seksi I dan seksi V.

“Tadi saya menanyakan kepada Dirut Jasa Marga ini akan diselesaikan nanti insyaallah paling lambat April 2020,” kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan, jalan tol yang pertama di Pulau Kalimantan itu diharapkan dapat meningkatkan kecepatan, serta efisiensi bagi mobilitas orang maupun barang dan logistik. “Yang biasanya dari Balikpapan ke Samarinda, Samarinda-Balikpapan itu memakan waktu kurang lebih tiga jam, enam jam PP berarti tiga jam, bila menggunakan jalan tol yang ada sekarang ini paling satu jam atau sampai satu jam seperempat. Sehingga sekali lagi, kecepatan, efisiensi itu betul-betul bisa kita dapatkan,” terangnya.

Selain itu, ungkap Jokowi, jalan tol ini akan memperlancar konektivitas antara dua pusat pertumbuhan di Kalimantan Timur, Kota Samarinda dan Kota Balikpapan, yang merupakan kota kegiatan ekonomi bisnis.

Jokowi berharap Jalan Tol Balikpapan-Samarinda itu juga akan mendorong pengembangan kawasan-kawasan produksi, seperti industri di sektor kelapa sawit, komoditas batu bara, minyak, gas, dan komoditas pertanian yang terhubung langsung dengan kawasan distribusi. Dengan adanya jalan tol itu, Jokowi meyakini akan mempercepat akses masuk ke wilayah yang sudah diputuskan, yaitu ke kawasan ibu kota negara, tinggal menyambungkan ke kawasan ibu kota.

“Saya minta agar juga pada 2020 jalan menuju kawasan ibu kota baru juga sudah mulai disiapkan dan betul-betul tersambung antara jalan tol Balikpapan-Samarinda dan ke kawasan ibu kota yang kita harapkan menjadi nilai plus, karena dengan adanya jalan tol ini tersambung dua bandara yang berada di Samarinda, Airport Pranoto, dan Bandara Sepinggan di Balikpapan,” tuturnya.

Baca Juga: Sumur Banyak, Presiden Jokowi Kesal RI Masih Impor Minyak

Tampak hadir mendampingi Jokowi diantaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, Mendagri Tito Karnavian, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, dan Gubernur Kaltim Isran Noor.

Tags : Jokowi , Jalan Tol , Kalimantan Timur