Mulai Hari Ini Pemerintah Akan Tawarkan Investasi SBROO9 Dari Rp 1 Jutaan

| Senin, 27/01/2020 19:25 WIB
Mulai Hari Ini Pemerintah Akan Tawarkan Investasi SBROO9 Dari Rp 1 Jutaan Surat Utang Negara (SUN) ini ditawarkan mulai dari Rp 1 Juta hingga Rp 3 Miliar dengan tingkat minimal kupon 6,30% per tahun. (Foto: industrycoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Mulai hari ini pemerintah akan membuka penawaran investasi Saving Bond Retail Seri 009 (SBR009). SBR009 merupakan instrumen investasi Pemerintah yang dijual melalaui mekanisme online.

Surat Utang Negara (SUN) ini ditawarkan mulai dari Rp 1 Juta hingga Rp 3 Miliar dengan tingkat minimal kupon  6,30% per tahun.

Mengutip dari laman Kemenkeu.go.id, Kupon SBR009 bersifat Mengambang yakni disesuaikan setiap tiga bulan dengan level paling rendah adalah sebesar 6,30%.

SBR ini dibuka sejak dari 27 Januari 2020  hingga 13 Februari 2020. Di setiap tanggal 10 setiap bulannya. Kupon Pertama akan dibayarkan pada tanggal 10 April 2020.

“Investasi ini aman karena SBR009 merupakan instrumen investasi yang diterbitkan oleh Pemerintah secara langsung, sehingga pembayaran kupon dan pokok SBR009 kepada investor dijamin oleh negara,” kata Tim Kementerian Keuangan dalam lampiran tertulisnya. Senin, 27 Januari 2020.

Terkait cara beli, Pembelian SBR009 dapat dilakukan dimana saja dan kapan pun secara online selama masa penawaran berlaku. Untuk tata cara mendaftar, investor hanya perlu melalui empat tahap.

Tahap pertama adalah registrasi. Di tahap ini calon investor perlu mendaftar melalui Sistem Elektronik yang disediakan oleh Mitra Distribusi (Midis), dengan menginput data-data antara lain, data diri, nomor SID (Single Investor Identification), nomor Rekening Dana dan nomor Rekening Surat Berharga. Bagi Calon Investor yang belum memiliki nomor SID, rekening dana, dan/atau rekening surat berharga, dapat menghubungi Midis.

Kedua, Pemesanan. Setelah proses registrasi berhasil, Calon Investor melakukan pemesanan SBR009 dengan membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi. Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran SBR009.

Ketiga, Pembayaran. Setelah pemesanan diverifikasi (verified order), Calon Investor mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui email/sms sesuai kebijakan masing-masing Mitra Distribusi. Kode pembayaran ini digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui Bank Persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking)/ Pos/ Lembaga Persepsi Lainnya dalam batas waktu yang ditentukan.

Terakhir, Konfirmasi. Setelah melakukan pembayaran, Calon Investor akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi SBR009 pada tanggal setelmen/penerbitan.

 

 

Tags : SBR009 , SUN

Berita Terkait