Gerakan ‘Ayo Beli Kebutuhan Pokok di Koperasi’ Semakin Digalakkan

| Jum'at, 22/05/2020 12:11 WIB
Gerakan ‘Ayo Beli Kebutuhan Pokok di Koperasi’ Semakin Digalakkan Salah satu koperasi yang menjual kebutuhan pokok (Doc: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Setelah sukses dengan gerakan “Ayo Beli Beras di Koperasi”, Kementerian Koperasi dan UKM kembali menggulirkan gerakan strategis bertajuk "Ayo Beli Kebutuhan Pokok di Koperasi".

"Dampak ekonomi yang dirasakan koperasi dan UKM khususnya disebabkan terhambatnya jalur distribusi dan daya beli masyarakat yang menurun, menjadi satu hal yang mendorong kami menginisiasi gerakan tersebut", kata Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM Victoria Simanungkalit, dalam rilisnya di Jakarta.

Menurut Victoria, gerakan ini secara nyata membantu perluasan akses pemasaran KUKM di masa pandemi ini. Gerakan Ayo Beli Kebutuhan Pokok di Koperasi pertama kali dilaksanakan pada 22 April 2020 dengan total transaksi yang dibukukan sebesar Rp81,3 juta, yang melibatkan beberapa koperasi dengan komoditas berupa beras, telur, sayur mayur, buah-buahan, kopi dan masker non medis.

Sebelumnya, gerakan Ayo Beli Beras di Koperasi, bekerjasama dengan Koperasi Tani Mulus, Indramayu pada 10 April 2020 dan 13 April 2020 menghasilkan total transaksi beras sebanyak 4,4 ton atau Rp48,4 juta.

Vicoria melajutkan, tujuan lain dalam kegiatan ini adalah membantu ASN memenuhi kebutuhan menjelang Hari Raya dengan melibatkan lebih banyak partisipan (KUKM, PLUT) dan komoditas yang ditawarkan. 

Terdapat 13 KUKM yang berpartisipasi pada gerakan ini yaitu, KSU Niaga Mukti (Kabupaten Cianjur) dan Koperasi Tani Maju (Kabupaten Banyumas) untuk supplier beras, Koperasi Solok Radjo (Kabupaten Solok) untuk supplier Kopi, dan PLUT KUMKM Kabuoaten Cianjur untuk supplier sayur dan buah-buahan.

Mitra lainnya adalah Koperasi Mina Rizki Abadi, Jakarta Utara, Koperasi Bhakti Mandiri Sejahtera, Muara Gembong Bekasi dan Nelayan Binaan Aruna, untuk supplier makanan laut dan olahan. Terdapat juga Anduang Food UKM Jakarta untuk produk olahan perikanan peternakan, Dapur Bagoes, Edam Cheese Stick, EmenDiah Cookies, Dapur Kue Mama dan Bundiezz food UKM untuk produk makanan dan minuman olahan (kue, jus, dsb).

Tags : Koperasi , UMKM , Beli

Berita Terkait