Sektor Pariwisata Berpeluang Pulih Lebih Cepat dari Pandemi

| Jum'at, 29/05/2020 15:30 WIB
Sektor Pariwisata Berpeluang Pulih Lebih Cepat dari Pandemi Ilustrasi Simulasi (Doc : Kemenparekraf)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Penerapan prosedur standar baru di sarana publik akan memberi kesempatan yang baik bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) untuk bangkit lebih cepat dari COVID-19. Demikian disampaikan oleh Jubir Satgas Covid-19, Ari Juliano Gema.

Ari mengatakan penerapan prosedur standar baru di sarana publik bertujuan untuk lebih mendisiplinkan masyarakat terkait protokol kesehatan saat berada di sarana publik. Sehingga masyarakat tahu apa yang harus tetap dilakukan, baik mengenai jaga jarak, memakai masker, maupun dengan mencuci tangan lebih sering.

"Ini merupakan bagian dari langkah untuk memastikan kesiapan masyarakat menjalankan kenormalan baru yang akan menggerakkan perekonomian nasional termasuk di dalamnya pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Ari Juliano Gema.

Ari mengatakan bahwa Kemenparekraf juga tengah menyiapkan program Cleanliness, Health and Safety (CHS) yang akan mulai disimulasikan pada akhir bulan ini di berbagai destinasi wisata tanah air. Tujuannya adalah untuk menetapkan destinasi yang lebih baik sesuai dengan standarisasi kebutuhan wisatawan dan untuk menerapkan disiplin bagi masyarakat.

“Program CHS rencananya lebih dulu akan dijalankan di Bali, Yogyakarta, dan Kepulauan Riau serta secara bertahap di 5 destinasi super prioritas untuk kemudian di seluruh daerah tanah air,” demikian kutipan pernyataan Ari dalam keterangan resmi Kemenparekraf.

Tags : Pariwisata , Ekonomi , Pulih