Petani Pemalang Ekspor 12 Ton Nanas ke Jeddah

| Jum'at, 05/06/2020 15:21 WIB
Petani Pemalang Ekspor 12 Ton Nanas ke Jeddah Nanas asal Pemalang (Doc: Kompasiana)

SEMARANG, RADARBANGSA.COM - Pemberlakukan kondisi pembukaan pembatasan secara bertahap atau "new normal" telah memberikan dampak yang signifikan diberbagai sektor termasuk pertanian, khususnya lalu lintas produk pertanian baik antar area atau domestik, ekspor dan impor.

"12 ton nanas segar, senilai Rp. 176 juta telah kami pastikan memenuhi persyaratan negara tujuan ekspor dan siap diberangkatkan, "kata Parlin Robert Sitanggang, Kepala Karantina Pertanian Semarang  di Depo Pelindo III Tanjung Emas Semarang, Kamis 4 Juni 2020.

Menurut Parlin, di tahun 2019 pihaknya hanya memfasilitasi lalu lintas komoditas asal sub sektor hortikuktura ini secara domestik dengan total 7,3 ton senilai Rp. 1,9 milyar. Dan kini buah nanas segar asal panen dari petani di Desa Beluk, kecamatan Belik Pemalang Jawa Tengah telah dapat menembus pasar ekspor, tambahnya.

Saat ini tercatat 1.529 hektar lahan yang dimiliki oleh para petani di desa Beluk, tepat berada di kaki Gunung Slamet. Kondisi lingkungan dengan topografis yang cocok untuk pertumbuhan ini, menjadikan nanas madu belik Pemalang yang sudah digemari pasar domestik ini tembus pasar ekspor.

"Tidak boleh berhenti, apalagi soal pangan yang menyangkut kepentingan masyarakat. 11 bahan pangan pokok sudah ditentukan untuk terus dipantau ketersediaannya. Sementara dengan banyaknya ragam komoditas pertanian kita, ini yang kita dorong untuk di ekspor agar dapat juga menopang ekonomi," pungkasnya.

 

Tags : Nanas , Ekspor , Jeddah

Berita Terkait