Tak Ingin Tergantung Impor BBM, Pertamina Terus Bangun Kilang

| Jum'at, 05/06/2020 17:47 WIB
Tak Ingin Tergantung Impor BBM, Pertamina Terus Bangun Kilang Pembangunan Kilang Minyak di Indonesia (Foto: Tabloidbintang.com)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - PT Pertamina (persero) menegaskan pihaknya akan melanjutkan pembangunan kilang Bahan Bakar Minyak (BBM) selama pandemi Covid-19.

Direktur Megaproyek & Petrokimia Pertamina, Ignatius Tallulembang dalam keterangan resminya Jumat 5 Mei 2020, menyatakan pembangunan kilang Pertamina yang dikenal dengan megaproyek RDMP dan GRR ini merupakan proyek strategis yang memberikan manfaat besar, baik bagi masyarakat sekitar maupun secara nasional.

“Dengan RDMP dan GRR, maka kita tidak akan lagi tergantung dengan impor BBM bahkan akan menjadi eksportir BBM terutama solar dan avtur yang diprediksi stoknya lebih besar,” terangnya.

Ignatius Tallulembang menegaskan, kendati mahal namun pembangunan kilang Pertamina memberikan multiplier effect bagi pembukaan lapangan kerja dan pengembangan ekonomi nasional. Dengan total investasi sekitar USD 48 miliar, menurutnya RDMP dan GRR akan mampu menyediakan lapangan pekerjaan untuk sekitar 130 ribu orang saat konstruksi dan sekitar 10 ribu orang saat operasi.

“Di saat pandemi, maka RDMP dan GRR memberikan peluang lapangan kerja bagi masyarakat, karena itulah, Pertamina tetap menuntaskan pengerjaan kilang dengan penerapan protokol kesehatan dan mengedepankan teknologi digital,” imbuhnya.

Tags : BBM , Kilang Minyak , Pembangunan