PLN Terangi 36 Madrasah di Jawa Tengah dan Jawa Barat

| Senin, 13/07/2020 11:58 WIB
PLN Terangi 36 Madrasah di Jawa Tengah dan Jawa Barat Pemasangan aliran listrik oleh PLN (Doc: Radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Perusahaan Listrik Negara (PLN)  bersinergi bersama Yayasan Baitul Mal memberikan bantuan sambungan listrik gratis kepada 33 madrasah yang tersebar di Jawa Barat dan 3 madrasah yang tersebar di Jawa tengah.

“Setelah medapatkan data dari Kementerian Agama, kami bergerak cepat melakukan sampling survei ke Madrasah yang ada di Jawa Barat dan kemudian kami lakukan penyambungan listrik,” tutur Agung, dikutip dalam laporan resminya, Senin 13 Juli 2020.

Menurut Data yang dirilis dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama (Kemenag), belasan ribu madrasah di Jawa Barat belum teraliri listrik dan belum memiliki akses internet.

Sedangkan dari hasil sampling yang dilakukan PLN terhadap 146 madrasah yang terdapat dalam data, sebanyak 113 madrasah sudah berlistrik. Hanya 33 madrasah yang belum berlistrik, hal ini karena bangunan madrasah masih baru atau tidak memiliki meter sendiri sehingga menumpang ke listrik tetangga (levering).

“Setelah mengetahui data madrasah belum berlistrik ini, kami melalui Yayasan Baitul Mal PLN yang merupakan badan yang menerima zakat, infak, sodakoh dari pendapatan karyawan PLN setiap bulan, berinisiatif memberikan bantuan penyambungan listrik ke madrasah,” tambah Agung.

Terkait program bantuan tersebut, Kepala Sekolah Madrasah Tahfidz Qur’an dan Pengurus Yayasan Madrasah Ibtidaiyah Sudimoro sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh PLN bersama YBM PLN.

“Semoga bantuan ini dapat membantu keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di madrasah-madrasah,” ujar Agung.

Tags : PLN , Jateng , Madrasah