Sumba Timur Lakukan Gerakan Pengendalian Atasi Serangan Hama

| Rabu, 22/07/2020 13:15 WIB
Sumba Timur Lakukan Gerakan Pengendalian Atasi Serangan Hama Petani Jagung siap panen (doc. istimewa)

SUMBA TIMUR, RADARBANGSA.COM - Bulan Juli beredar kabar terjadinya serangan hama belalang di delapan kecamatan, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Kepala UPTD Proteksi Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Nusa Tenggara Timur Gabriel Gara Beni mengungkapkan fakta lapangan bahwa serangan hama belalang terjadi tidak di delapan kecamatan tetapi pada empat kecamatan di Kabupaten Sumba Timur.

“Serangan hama belalang terjadi di Kelurahan Watumbaka dan Desa Palaka Hembi untuk komoditas padi sawah dengan luas serangan 7 hektar dari luas total hamparan 20 hektar. Kelurahan Kawangu untuk komoditas kacang tanah dengan luas serangan 2 hektar dari total luas hamparan 7 hektar. Desa Kambatatana untuk komoditas jagung dengan luas serangan 15 Ha dari total luas hamparan 50 hektar“ ungkap Gabriel Selasa 21 Juli 2020.

Dari data yang diperoleh Desa Kotak Kawau, Kecamatan Kahangau Eti untuk komoditas jagung luas serangan 15 Ha dari total luas hamparan 100 Ha. Desa Malumbi dan Lambanapu, Kecamatan Kambera untuk komoditas padi sawah dengan luas serangan 40 Ha dari total luas hamparan 250 Ha. Desa Mbatakapidu Kecamatan Kota Waingapu untuk komoditas jagung dengan luas serangan 10 Ha dari 20 Ha.

Gerakan pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) Belalang langsung dilakukan pada tanggal awal Juli 2020 serentak di empat kecamatan tersebut. Selain di pertanaman, pengendalian dilakukan juga di padang rumput tempat habitat awal belalang kembara.

"Ribuan titik koloni belalang telah dilakukan penyemprotan. Setelah pengendalian tersebut monitor di lapangan akan terus dilakukan oleh petugas Pengendali OPT kami dan bila dinilai diperlukan akan dilakukan tindakan pengendalian lanjutan,” tutur Gabriel.

 

Tags : Pengendalian Hama , Sumba Timur

Berita Terkait