Pemerintah Genjot Pembangunan Tol Semarang - Demak

| Kamis, 13/08/2020 11:29 WIB
Pemerintah Genjot Pembangunan Tol Semarang - Demak Jalan tol trans Sumatera Bakauhunei-Terbanggi Besar. (Foto: twitter @Pujangga1123)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian PUPR terus menggenjot pembangunan proyek Tol Semarang - Demak. Hal ini dilakukakan untuk meningkatkan konektivitas antar pusat pertumbuhan ekonomi seperti kawasan industri dan kawasan pariwisata di berbagai daerah.

“Beberapa waktu lalu Tol Trans Jawa diresmikan dari Merak sampai dengan Pasuruan dan akan kita teruskan hingga ke Banyuwangi. Kami juga membangun Tol Semarang - Demak yang digabungkan dengan tanggul laut sekaligus untuk menanggulangi rob di Semarang," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Rabu 12 Agustus 2020.

Ia juga menyebut jika proyek ini memiliki total investasi senilai Rp15,3 triliun. 

Untuk pembangunan Jalan Tol Semarang - Demak dilakukan dengan skema Kerja Sama Badan Usaha dengan Pemerintah (KPBU). Jalan tol ini terbagi menjadi dua seksi, Seksi 1 (Semarang - Sayung) sepanjang 10,69 km merupakan dukungan pemerintah. Sementara Seksi 2 (Sayung - Demak) sepanjang 16,31 km merupakan tanggung jawab Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak.

Tol Semarang - Demak ini nantinya selain akan mendukung kawasan industri juga akan mendukung Demak sebagai kawasan wisata religi.

Tags : PUPR , Tol , Semarang , Demak