Pandemi, Pemerintah Percepat Belanja Sektor Pertanian

| Rabu, 09/09/2020 14:01 WIB
Pandemi, Pemerintah Percepat Belanja Sektor Pertanian Ilustrasi. Lahan Petani (Foto: Kementan)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pertanian mengupayakan percepatan belanja untuk memperkut tumpuan sektor pertanian di musim pandemi.

“Percepatan belanja harus terus diupayakan agar pertumbuhan ekomoni pada kuartal III tidak negatif,” ujar Sekretaris Ditjen Hortikultura, Kementan, Retno Sri Hartati Mulyandari Rabu 9 September 2020

Ia menilai jika sektor pertanian menjadi penopang ekonomi bangsa karena pada kuartal II sektor pertanian masih menunjukkan pertumbuhan positif.

“Semoga pada triwulan II ini hortikultura memberikan kontribusi tertinggi ke dua setelah tanaman pangan. Harapannya tetap akan memberikan kontribusi tertinggi,” ujar saat dihubungi via telepon.

Sementara itu Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Tommy Nugraha juga menjelaskan bahwa percepatan belanja APBN terus didorong baik di pusat maupun di daerah.

Anggaran terbesar Ditjen Horti digunakan untuk pengembangan kawasan hortikultura yang pelaksanannya ada di pusat dan daerah yang alokasi terbesarnya terdapat di kawasan aneka cabai dan bawang.

Berdasarkan hasil konfirmasi dengan daerah, beberapa daerah telah menyelesaikan pengadaan bantuan masyarakat berupa sarana produksi kawasan cabai dan bawang.

“Setelah Provinsi Bali, kini Provinsi Jambi juga sudah selesai pengadaan bantuan saprodi untuk pengembangan kawasan cabai. Kami akan terus pantau dan yakin satuan kerja di daerah lainnya akan segera realisasi juga,” tegas Tommy.

Tags : Belanja Negara , Pertanian

Berita Terkait