Sri Mulyani Ajak Masyarakat Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan untuk Pulihkan Ekonomi

| Selasa, 22/09/2020 19:10 WIB
Sri Mulyani Ajak Masyarakat Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan untuk Pulihkan Ekonomi Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan RI). (Foto: twitter @KemenkeuRI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dapat membantu terciptanya pemulihan aktivitas ekonomi. Menurutnya, aktivitas masyarakat bisa tetap berjalan dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Aktivitas bisa berjalan dan tidak berisiko dengan adanya protokol kesehatan, karena ini bisa menjadi stimulus untuk pemulihan ekonomi," kata Sri Mulyani dalam jumpa pers perkembangan APBN di Jakarta, Selasa, 22 September 2020.

Menkeu mengharapkan masyarakat yang melakukan aktivitas atau kegiatan terutama di luar ruangan dapat memanfaatkan protokol kesehatan se-optimal mungkin, apalagi pandemi COVID-19 belum akan berakhir dalam waktu dekat.

Di sisi lain, pemerintah juga terus berkomitmen untuk menangani persoalan kesehatan melalui pemberian alokasi anggaran yang memadai, prioritas penerima manfaat dan memperkuat koordinasi antara KL dengan daerah. "Kita coba untuk memulihkan ekonomi dan kegiatan sosial, sehingga tercapai titik keseimbangan, karena COVID-19 belum tentu berhenti sampai 2021. Termasuk kalaupun ada vaksin, belum tentu semuanya akan kembali netral, maka betul-betul protokol ini dilakukan," ujar Sri Mulyani.

Menurutnya, pemerintah juga akan terus menjaga dinamika kondisi sosial dan ekonomi yang terjadi di masyarakat dengan tetap mengedepankan konsistensi dan kredibilitas, apalagi kondisi COVID-19 ini tidak bisa diprediksi sepenuhnya.

Sebelumnya, Sri Mulyani memastikan kinerja perekonomian belum akan pulih dalam waktu singkat, mengingat pandemi telah mempengaruhi aktivitas ekonomi, yang terlihat dari penurunan permintaan dan lesunya daya beli masyarakat.

Tags : Sri Mulyani , Protokol Kesehatan , Ekonomi , COVID-19 , Indonesia

Berita Terkait