Kadin Sebut Pengusaha dan Buruh Punya Kepentingan yang Sama

| Jum'at, 09/10/2020 16:42 WIB
Kadin Sebut Pengusaha dan Buruh Punya Kepentingan yang Sama Ilustrasi pekerja di pabrik (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani mengatakan jika kepentingan pengusaha dan buruh adalah sama, yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan.

Ia menilai buruh dan pengusaha sama - sama saling membutuhkan dan aset terbesar perusahaan adalah para pekerja itu sendiri.

"Semua pihak harus melihat kepentingan secara luas bukan kepentingan pengusaha atau pekerja saja, tetapi juga kepentingan orang yang tidak/belum bekerja. Selama ini belum ada pihak yang menyuarakan kepentingan pengangguran," ungkap Rosan, Jumat 9 Oktober 2020.

Rosan menilai  sudah dilakukan banyak pembahasan RUU Cipta Kerja yang dilakukan, DPR dan Pemerintah telah melibatkan berbagai pemangku kepentingan, baik dunia usaha maupun serikat buruh.

Sedangkan Iklim berusaha di Indonesia, kata Rosan, harus diperbaiki untuk menciptakan lapangan kerja baru karena ini adalah pekerjaan rumah kita semua.

Meskipun data BKPM  menunjukkan investasi meningkat tiap tahunnya, namun penyerapan tenaga kerjanya masih rendah. Investasi yang padat modal / manufacturing lebih memilih negara-negara tetangga lain, seperti Malaysia, Thailand dan Vietnam.

"Yang harus ditingkatkan saat ini adalah produktivitas. Dunia Usaha bersama dengan pemerintah bekerjasama dalam program vokasi untuk mendorong keterampilan angkatan kerja, meningkatkan up-scaling dan re-scaling tenaga kerja," ungkapnya.

 

 

Tags : Kadin , Buruh , Pengusaha , Kepentingan

Berita Terkait