Komoditas Holtikultura Tumbuh 7,85 Persen di Kuartal IV 2020

| Selasa, 09/02/2021 11:21 WIB
Komoditas Holtikultura Tumbuh 7,85 Persen di Kuartal IV 2020 Petani Jagung siap panen (doc. istimewa)

RADARBANGSA.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan yang signifikan pada komoditas hortikultura di Kuartal IV 2020.

Sektor ini tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 7,85 persen. Hal Ini terjadi karena adanya kenaikan permintaan buah dan sayur selama pandemi Covid-19.

Peningkatan produksi hortikultura yang cukup tinggi terjadi pada komoditas pisang sebesar 8,38 persen, mangga sebesar 2,86 persen dan cabai rawit sebesar 12,33 persen.

Pertumbuhan sektor holtikulturan ini juga memicu pertumbuhan sektor pertanian sebesar 2,35 persen sepanjang kuartal IV 2020.

Menanggapi hal ini, Dirjen Hortikultura Prihasto Setyanto berupaya untuk meningkatkan produk hasil hortikultura, terutama untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Terdapat tiga strategi utama pengembangan hortikultura, yaitu 1) Pengembangan Kampung Hortikultura, 2) Penumbuhan UMKM Hortikultura dan 3) Digitalisasi pertanian melalui pengembangan sistem informasi.

Guna mengembangkan Kampung dan UMKM Hortikultura, Prihasto akan mengintegrasikan dari hulu ke hilir. 

“Di mulai dari sisi hulu, Ditjen Hortikultura akan berfokus pada peningkatan kualitas perbenihan dan tata kelola produksi ramah lingkungan. Sementara dari sisi hilir, fokus diutamakan pada fasilitasi bahan baku industri, mendukung ketahanan pangan dan mendukung ekspor,” tutur Anton.

Terkait digitalisasi pertanian, Anton akan merancang sistem informasi dan platform hortikultura digital yang dapat digunakan baik petani, pengusaha maupun masyarakat umum.

Beberapa platform ini diantaranya Early Warning System, Registrasi Kampung Hortikultura, SIG OPT Hortikultura, Horti Trade Room serta IMOFC.

 

 

Tags : Holtikultura , Pertanian

Berita Terkait