BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini di 4,3 Hingga 5,3 Persen

| Jum'at, 02/04/2021 11:17 WIB
BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini di 4,3 Hingga 5,3 Persen Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA.COM – Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi tahun 2021 akan berada di kisaran 4,3 - 5,3 persen.

Pertimbangan ini diambil setelah menimbang kondisi perekonomian yang mulai membaik akibat diterapkannya protokol kesehatan.

Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti, mengatakan, agar prediksi pertumbuhan ekonomi nerhasil berjalan dengan seperti yang direncakan maka harus dibarengi inflasi yang terkendali  dengan sektor eksternal defisit transaksi berjalan baik antara -1 - 2 persen dengan ekspetasi sekitar 5-7 persen. 

“Yang dilakukan oleh Bank Indonesia adalah menerbitkan bauran kebijakan dengan kebijakan utam seperti  kebikan moneter, kebijakan makro foundensia, kebijakan sistem pembayar. `juga harus didukung oleh kebijakan lainnya seperti UMKM dan pasar keuangan serta ekonomi syariah,”  tutur Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti, Kamis 1 April 2021.

Kebijakan moneter ini, menurutnya menjadi mandat bagi BI untuk mendukung stabilitas kebijakan lainnya apakah UMKM, pasar keuangan dan ekonomi syariah dan sebagainya.

“Kebiajan moneter untuk menjaga stabilisasi nilai tukar rupiah. Ini penting aagar ekonomi bisa bergerak dengan adanya stabilitas nilai tukar rupia. Itulah kebijakan –kebijakan BI untuk memulihkan perekonomian,” tutup Destry.

Tags : Bank Indonesia , Pertumbuhan Ekonomi

Berita Terkait