Jadi Induk Holding UMi, Saham BBRI Diperkirakan Melesat

| Selasa, 13/07/2021 13:05 WIB
Jadi Induk Holding UMi, Saham BBRI Diperkirakan Melesat Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (Doc: BRI)

RADARBANGSA.COM - Pembentukan holding BUMN Ultra Mikro (UMi) berpotensi akan memberikan benefit yang sangat besar bagi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI).

“Sebagai induk holding, diperkirakan nilai kapitalisasi dan harga saham BBRI akan terkatrol,” kata Head of Research PT Samuel Sekuritas Indonesia, Suria Dharma dalam keterangannya, Selasa 13 Juli.

Ia menilai akan banyak investor yang menyukai aksi korporasi ini. Pasalnya, potensi pengembangan bisnis perusahaan-perusahaan negara yang masuk dalam holding akan semakin kuat. Selain itu dengan holding, BUMN terkait akan lebih banyak menciptakan multiplier effect terhadap ekonomi. 

"Kami positif memandang pembentukan holding ini. Akan terjadi sinergi dengan bisnis mereka. Banyak investor yang pasti suka dengan integrasi ini," kata Suria.

Berdasarkan perhitungan teknis, ia mengatakan target harga saham BBRI dengan mempertimbangkan pembentukan holding adalah Rp5.300.

Dengan adanya rights issue, kata dia, kapitalisasi pasar BBRI berpotensi mendekati atau melebihi Rp600 triliun. 

Dia melanjutkan rasio kecukupan modal BRI mampu naik menjadi 23 persen dari 19,8 persen pada kuartal pertama tahun ini. Rasio kecukupan modal ini menurutnya adalah kekuatan BBRI untuk mendukung PNM dan Pegadaian agar lebih agresif dalam melakukan ekspansi pada segmen ultra mikro nasional. 

"CAR-nya itu akan bisa naik lagi. Artinya kekuatan modalnya kuat," ujarnya menjelaskan. 

Tags : Saham BBRI , Holding UMi

Berita Terkait