KAI Gratiskan Biaya Angkut Oksigen

| Senin, 19/07/2021 13:43 WIB
KAI Gratiskan Biaya Angkut Oksigen Kereta Api. (Foto: Ilustrasi)

RADARBANGSA.COM - Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menggratiskan angkutan oksigen sebanyak 122 ton. Oksigen tersebut diangkut dengan angkutan kereta api rute Stasiun Kalimas, Surabaya menuju Stasiun Sungai Lagoa, Jakarta pada Jumat lalu.

“Pengiriman oksigen secara cuma-cuma ini merupakan bentuk dukungan KAI dalam penanggulangan pandemi Covid-19 pada masa PPKM darurat,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam pernyataan tertulisnya, Minggu 18 Juli 2021.

Dia menjelaskan, oksigen milik PT Virtue Dragon Nickel Industrial Park untuk Kementerian Kesehatan tersebut diangkut menggunakan dua gerbong ISO tank. Masing-masing gerbong berisi 28 ton oksigen dan tiga gerbong petikemas masing-masing berisi 22 ton oksigen.

Joni menegaskan, KAI secara konsisten mendukung penuh semua upaya pemerintah untuk menanggulangi pandemi Covid-19. Terlebih, kenaikan kasus Covid-19 masih terus terjadi dan telah menyebabkan lonjakan kebutuhan oksigen nasional yang dubutuhkan di rumah sakit maupun di tempat isolasi.

Promo ini bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat distribusi oksigen bagi masyarakat yang sedang menjalani pengobatan Covid-19," tutur Joni.

Dia memastikan, KAI sudah mendapatkan izin khusus dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mengangkut Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) kategori DG class 2 yakni berupa gas. Joni mengharapkan angkutan gratis oksigen dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya supaya semakin banyak masyarakat yang membutuhkan oksigen untuk pengobatan Covid-19 dapat tertangani dengan segera. 

Tags : KAI , Oksigen , Tabung Oksigen