Lazada Tutup Impor Produk Tekstil Hingga Kuliner ke Indonesia

| Kamis, 05/08/2021 11:35 WIB
Lazada Tutup Impor Produk Tekstil Hingga Kuliner ke Indonesia Aplikasi Lazada (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - E-Commerce Lazada menutup akses impor produk tekstil dan fesyen, kerajinan dan kuliner ke Indonesia.

Head of Public Affairs and Public Policy Lazada Indonesia, Waizly Darwin mengatakan langkah ini sebagai salah satu upaya untuk mensupport UMKM Lokal dan mendukung Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Indonesia yang dicetuskan beberapa waktu lalu.

“Penutupan akses impor di beberapa klaster besar ini hanyalah salah satu inisiatif yang telah kami lakukan secara berkala sepanjang pandemi demi melindungi UMKM Indonesia dan membantu mereka bertahan di situasi sulit ini,” kata Darwin dalam keterangannya, Kamis 5 Agustus 2021.

Dia mengatakan penutupan akses impor di beberapa klaster besar yang dilakukan Lazada sekaligus menjadi upaya perusahaan dalam mendukung program substitusi impor pemerintah.

“Keputusan penutupan akses impor di beberapa klaster besar ini didasarkan atas pendekatan klaster industri yang cukup signifikan di Indonesia dan sejatinya bisa dipenuhi oleh pebisnis lokal,” tambah Waizly. 

Ke depannya, melalui Gerakan AKAR Indonesia, Lazada tidak hanya akan terus mengintensifkan onboarding UMKM ke platform dan memberikan pelatihan semata, namun juga memberikan akses untuk jejaring serta mentoring dan bimbingan teknis bagi para UMKM di Indonesia. 

“Kami selalu memantau, mengkaji ulang serta memutakhirkan kebijakan di platform kami, khususnya untuk penjualan cross-border agar tetap relevan dan sesuai dengan kebijakan dan peraturan pemerintah,” kata dia.

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menilai  praktik perdagangan yang tidak sehat lewat sistem cross-border di platform e-commerce sangat mengancam kelangsungan UMKM di dalam negeri. Oleh karena itu, dia menjadikan isu tersebut sebagia perhatian utama. “Untuk diselesaikan agar tidak merugikan UMKM lokal,” kata Teten.

Tags : Lazada Blokir , Lazara Impor

Berita Terkait