Harga Minyak Pulih Jelang Pertemuan OPEC+ dan Rilis Data Stok Amerika

| Rabu, 01/09/2021 15:42 WIB
Harga Minyak Pulih Jelang Pertemuan OPEC+ dan Rilis Data Stok Amerika Kilang Minyak (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Harga minyak pulih kembali pada Rabu, setelah laporan industri Amerika menunjukkan persediaan minyak mentah turun lebih dari ekspektasi.

Menurut laporan Reuters, minyak mentah berjangka Brent untuk kontrak pengiriman November, patokan internasional, naik 45 sen, atau 0,6%, menjadi USD72,08 per barel pada pukul 13.51 WIB.

Sementara itu, patokan Amerikaa Serikat, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Oktober berada di posisi USD68,95 per barel, meningkat 45 sen, atau 0,6%.

Laporan dari American Petroleum Institute (API), Selasa, yang menunjukkan penurunan lebih besar dari ekspektasi dalam persediaan minyak mentah Amerika adalah bullish dan mendukung harga, ujar Avtar Sandu, trader di Phillips Futures.

Stok minyak mentah Amerika turun 4 juta barel untuk pekan yang berakhir hingga 27 Agustus, menurut dua sumber pasar, mengutip angka API.

Menjelang laporan mingguan Badan Informasi Energi pada pukul 21.30 WIB, jajak pendapat Reuters memperkirakan stok minyak mentah turun 3,1 juta barel.

Namun, harga WTI diperkirakan tetap di bawah tekanan karena produksi minyak dan gas lepas pantai di Teluk Meksiko secara bertahap mulai pulih, tetapi operasi pengilangan kemungkinan akan memakan waktu lebih lama untuk kembali normal, kata para analis.

Sebanyak 2,3 juta barel per hari kapasitas penyulingan, atau 13% dari kapasitas Amerika, ditutup di Louisiana karena Badai Ida, menurut perkiraan Departemen Energi AS. Pada saat bersamaan, sekitar 94% produksi minyak dan gas alam tetap tertahan di sisi Amerika Teluk Meksiko.

Pemadaman listrik kemungkinan akan memperlambat pembukaan kembali pengilangan, tetapi kompleks Baton Rouge Exxon Mobil, berkapasitas 520.000 bph, sedang bersiap untuk memulai kembali operasinya pada Selasa.

Tags : Harga Minyak , Minyak Mentah

Berita Terkait