Tekan Harga Pakan Jagung, Begini Langkah Mendag Lutfi

| Rabu, 15/09/2021 22:07 WIB
Tekan Harga Pakan Jagung, Begini Langkah Mendag Lutfi Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi (foto: kemendag)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan bahwa pihaknya sesegera mungkin mengupayakan agar harga pakan jagung untuk peternak dapat turun menjadi Rp4.500 per kilogram. 

"Ini akan kita kasihkan kepada jagung, supaya jagungnya bisa sesuai dengan batasan daripada Kementerian Perdagangan yaitu harga jagung di Rp4.500," kata Lutfi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, usai pertemuan Presiden Joko Widodo dengan berbagai asosiasi yang menaungi peternak dan industri perunggasan, Rabu, 15 September 2021.

Diakuinya, dalam beberapa waktu terakhir memang terjadi ketidakseimbangan dalam industri perunggasan domestik karena tingginya harga pakan jagung dan gandum. Kenaikan tersebut, jelasnya, memicu kenaikan biaya produksi petani dan peternak. 

"Ongkos daripada produksi petani atau peternak layer dan broiler ini menjadi sangat tinggi sedangkan karena pandemi, harga kebutuhan itu menurun yang menyebabkan terjadi delta yang besar," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Mendag dan juga Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menegaskan sesegera mungkin akan menerapkan kebijakan yang dapat menekan harga pakan bagi peternak. "Harga ongkos juga bisa ditekan, dan kemudian inilah yang terpenting bahwa fungsi daripada daging dan telur ini adalah untuk memperbaiki gizi masyarakat juga dan ini lah yang akan kita kerjakan," tuturnya. 

Dalam pertemuan di Istana Kepresidenan, turut hadir sejumlah perwakilan peternak yakni Ketua Pinsar Petelur Nasional Yudianto Yosgiarso, Ketua Koperasi Putera Blitar Sukarman, Ketua Paguyuban Peternak Rakyat Nasional (PPRN) Rofi Yasifun. Kemudian juga peternak ayam petelur asal Blitar Jawa Timur, Suroto, yang membentangkan spanduk atau poster mengenai harga pakan jagung saat kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tags : Menteri Perdagangan , Jagung , Pakan Ternak , Indonesia

Berita Terkait