Indosat dan Tri Bakal Merger, Nilai Transaksi Diperkirakan Capai Rp 85 T

| Jum'at, 17/09/2021 12:27 WIB
Indosat dan Tri Bakal Merger, Nilai Transaksi Diperkirakan Capai Rp 85 T Logo Indosat (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) dan PT Hutchison 3 Indonesia (H3I) dikabarkan akan melakukan merger perusahaan.

Dari laporan yang diterima, kedua perusahaan resmi meneken perjanjian terkait rencana merger bisnis telekomunikasi pada Jumat, 17 September 2021.

Perusahaan hasil merger nantinya akan dinamai PT Indosat Ooredo Hutchison Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison).

Managing Director Ooredoo Group Aziz Aluthman Fakhroo mengatakan total nilai transaksi dari merger ini akan mencapai enam miliar dolar AS atau sekitar Rp85,8 triliun.

“Penggabungan Indosat Ooredoo dan H3I akan menyatukan dua bisnis yang saling melengkapi. Entitas ini akan menjadi perusahaan telekomunikasi seluler terbesar kedua di negara ini, dengan perkiraan pendapatan tahunan sekitar 3 miliar dolar AS atau setara Rp42,9 triliun,” kata Aziz seperti dikutip.

Indosat Ooredoo dan H3I dinilai memiliki infrastruktur yang saling melengkapi. Kombinasi aset yang dimiliki kedua perusahaan memungkinkan perusahaan hasil merger untuk mendapatkan keuntungan dari sinergi biaya dan belanja modal atau capital expenditure (capex).

Kekuatan dan skala ekonomi dari kedua perusahaan akan menguntungkan perusahaan pada berbagai fungsi seperti pada kegiatan pengadaan.

Pasar mobile di Indonesia juga diperkirakan akan mempertahankan persaingan  yang sehat. Hal ini akan menjadi daya tarik  bagi investasi jangka panjang pada industri ini.

 

Tags : Tri Indosat , Merger Indosat

Berita Terkait