Minta Daerah Fokus Produk Unggulannya, Presiden Jokowi: Jangan Latah!

| Rabu, 20/10/2021 15:05 WIB
Minta Daerah Fokus Produk Unggulannya, Presiden Jokowi: Jangan Latah! Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para kepala daerah agar fokus untuk mengembangkan produk unggulan daerah masing-masing. Ia menegaskan, daerah tidak latah untuk mengikuti komoditas di wilayah lain.

"Setiap daerah sebaiknya fokus pada produk unggulannya. Jangan semua dikerjakan, sehingga nanti ke depan bisa saling menopang. Kita ini kan senangnya latah, karet ramai semua tanam karet, sawit ramai semua tanam sawit, sawit ambruk semua juga ambruk, karet harganya jatuh semuanya juga ikut jatuh, jangan seperti itu," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu, 20 Oktober 2021.

Pesan tersebut disampaikan Jokowi dalam pebukaan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo tahun 2021. Turut hadir Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta para Bupati yang juga hadir secara langsung maupun mengikuti dari konferensi video.

"Semua daerah saya ingatkan perlu fokus pada produk unggulannya, karena ketidakpastian tadi. Jangan wah di daerah sana tanam karet kok ekonominya baik? Rakyat kita suruh tanam karet. Pas baik iya, bagus, tapi pas (harga) jatuh hati-hati barengan nanti berbahaya," ujar Presiden Jokowi.

Fokus untuk mengusahakan produk unggulan, menurut Presiden Jokowi, bermanfaat agar daerah bisa saling menopang, bisa saling mengisi dan saling melengkapi dalam value chain nasional. "Otonomi Expo yang diselenggarakan Apkasi ini merupakan ajang untuk saling tahu saling bekerja sama memperkuat kerja sama perdagangan antardaerah sekaligus memperkuat ekspor kita ke negara-negara lain termasuk perluasan pasar-pasar ekspor baru," terangnya.

Kepala Negara juga mengingatkan agar daerah tidak melupakan pasar dalam negeri. Karena, menurutnya, merupakan peluang untuk memperkuat industri dalam negeri.

"Yang sangat potensial, yang sangat besar karena jumlah penduduk kita 270 juta dan kelas menengah bertumbuh sangat pesat. Ini yang harus menjadi peluang untuk memperkuat industri dalam negeri," tandasnya.

Tags : Jokowi , Apkasi , Produk Unggulan , Ekonomi