Era Digital, Kemendag Dorong Pemasaran Produk UKM Indonesia

| Rabu, 03/11/2021 20:40 WIB
Era Digital, Kemendag Dorong Pemasaran Produk UKM Indonesia Gedung Kementerian Perdagangan (foto: kemendag.go.id)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perdagangan (Kemnaker) menggelar forum bisnis dengan tema ‘Strategi Pemasaran Produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Era Digital’ di sela-sela gelaran Trade Expo Indonesia Digital Edition (TEI-DE) 2021 secara daring, Selasa 2 November 2021 kemarin.

“Kemendag akan terus mendorong pemasaran produk UKM Indonesia di era digital. Hal ini didukung dengan pertumbuhan e-commerce (niaga elektronik/niaga-el) Indonesia yang melaju cepat karena 58 persen penduduk sudah melakukan transaksi digital,” kata Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Oke Nurwan.

Menurut Oke, posisi ekonomi digital di Indonesia cukup tinggi dengan per kapitanya Indonesia masih di bawah Malaysia, Singapura, dan Thailand. Unicorn Indonesia juga merambah di ASEAN. 

“Peran ekonomi digital terhadap ekonomi Indonesia pada tahun 2020 sebesar 4 persen dan diharapkan meningkat menjadi 18 persen tahun 2030,” kata Oke.

Oke menuturkan, Indonesia harus menyiapkan perkembangan teknologi gelombang baru atau second wave ekonomi digital untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Misalnya, katanya, dengan memperkuat jaringan internet cepat 5G serta transmisi data melalui jaringan internet tanpa bantuan manusia atau perangkat komputer.

“Indonesia harus mempunyai sistem penyimpan data transaksi (database) yang jauh lebih aman dan transparan. Kecerdasan buatan juga harus dapat diterapkan pada suatu sistem yang dapat diatur secara ilmiah. Selain itu, kita juga perlu memiliki metode penyampaian berbagai layanan melalui internet,” jelas Oke.

Berdasarkan data dari J.P Morgan pada 2020, nilai niaga-el Indonesia meningkat dengan cepat, dengan perkiraan pertumbuhan tahunan 2021 mencapai Rp337 triliun. Pertumbuhan ini lebih tinggi dibandingkan Tiongkok (11,2 persen) dan Amerika Serikat (10,5 persen).

Tags : UKM , Era Digital , Kemendag