Penerapan PPKM Akhir Tahun Berpotensi Turunkan Daya Beli Masyarakat

| Kamis, 25/11/2021 15:48 WIB
Penerapan PPKM Akhir Tahun Berpotensi Turunkan Daya Beli Masyarakat Penjual Eceran di Pasar Rakyat (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) menilai jika rencana penerapan PPKM Level III pada akhir tahun 2021 bisa memicu turunnya konsumsi masyarakat. Hal ini lantas bisa berpengaruh ke penurunan daya beli masyarakat.

Kepala BPS, Margo Yuwono, mengatakan argumen ini didasari oleh pengalaman penerapan PPKM di bulan - bulan sebelumnya.

"Kalau di Desember ada larangan mobilitas (PPKM level 3) atau ada pengetatan terkait mobilitas tentu secara common sense pergerakan yang dibatasi akan ganggu konsumsi terutama di sektor tersier karena ada pembatasan seperti sektor perhotelan dan lainnya, tapi itu akan kami rilis secara resmi dengan dikaitkan pada tingkat hunian kamar pada saatnya nanti," kata Margo dikutip dari Indo Premier News, Kamis 25 November 2021.

Diketahui pada saat melonjaknya kasus Covid-19 pada kuartal II 2020 dan kuartal II 2021 lalu angka konsumsi masyarakat merosot tajam.

Pada periode itu masing-masing mencatatkan pertumbuhan konsumsi rumah tangga sebesar -5,52 persen dan 1,03 persen atau lebih rendah dari kuartal sebelumnya. Hal ini berkaitan erat dengan adanya aturan pembatasan mobilitas masyarakat yang ditetapkan pemerintah kala itu.

Meski potensi terjadi gangguan konsumsi rumah tangga di kuartal IV 2021 nanti, namun Margo melihat secara full year tingkat perekonomian nasional akan tetap membaik. Hal itu dilihat dari beberapa indikator ekonomi yang dirilis dari berbagai lembaga non BPS

Tags : PPKM Akhir Tahun , PPKM Level III

Berita Terkait