Kementerian BUMN Copot Dirut PLN Zulkifli Zaini

| Senin, 06/12/2021 14:43 WIB
Kementerian BUMN Copot Dirut PLN Zulkifli Zaini PT PLN (Doc: Ayo Jakarta)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) secara mengejutkan mencopot Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Zulkifli Zaini pada Senin 6 Desember 2021.

Dalam putusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT PLN (Persero) tahun 2021, Dirut PLN kini resmi diisi oleh Darmawan Prasodjo, yang sebelumnya menjabat Wakil Direktur Utama PLN.

Mengutip CNBC, Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan pergantian ini ditujukan agar PLN bisa mempercepat transisi ke energi yang lebih ramah lingkungan beserta penyediaan akses kelistrikannya ke masyarakat.

"Tantangan transformasi PLN ke depan .. juga bagaimana menghadapi tantangan zaman di mana energi yang lebih hijau dan penerapan `eco-lifestyle` menjadi kebutuhan utama demi menciptakan lingkungan yang berkesinambungan untuk generasi masa kini dan generasi masa depan," kata Erick, dikutip Senin 6 Desember 2021.

Menurutnya, `eco-lifestyle` menjadi kebutuhan utama masyarakat di masa depan, mulai dari ekosistem kendaraan listrik, kompor induksi dan pembangkit listrik berbasis energi hijau. Oleh karenanya, pergantian ini diharapkan mampu mempercepat gerqk PLN dalam tantangan transisi energi ini.

"Oleh karena itu, arahan saya agar Direktur Utama dapat memimpin PLN untuk mulai melakukan perbaikan atas model bisnis dan juga menyiapkan organisasi PLN yang lebih lean dan efektif. PLN perlu mempersiapkan diri untuk melakukan akselerasi bisnis dalam menghadapi tren baru seperti ekosistem kendaraan listrik," pungkasnya.

 

Tags : PLN , Dirut PLN

Berita Terkait