Gerak IHSG di Jalur Pelemahan, Simak Saham Rekomendasi

| Jum'at, 17/12/2021 11:00 WIB
Gerak IHSG di Jalur Pelemahan, Simak Saham Rekomendasi IHSG (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Jumat diperkirakan masih berada dalam tren menurun jangka pendek. Sehari sebelumnya, IHSG tertahan di teritori negatif dengan pelemahan 0,47 persen ke level 6.594.

"Saat ini IHSG sedang berada dalam tren turun jangka pendek dengan peluang menguji Fibonacci Retracement 0,618 sebagai support di level 6.562 dan akan membuka peluang rebound jika tetap ditutup di atasnya," kata analis PT Binaartha Sekuritas, Ivan Rosanova, dikutip Indo Premier News, Jumat 17 Desember 2021.

Dia menyebutkan, sejauh ini IHSG masih memiliki level support yang berada di posisi 6.586, 6.562 dan 6.528, sedangkan level resistance secara berturut-turut berada di posisi 6.640, 6.668 dan 6.715.

"Indikator MACD saat ini menandakan kondisi bearish," ucap Ivan.

Senada dengan itu, analis PT Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus, mengatakan IHSG akan mengalami pelemahan terbatas, dengan level support di posisi 6.525.

“Dari analisa teknikal, kami melihat saat ini IHSG memiliki peluang untuk bergerak melemah terbatas dan di-trading-kan pada kisaran 6.525-6.660," kata Nico Demus.

Dia mengatakan, saat ini investor sedang mencermati respons lanjutan dari Federal Reserve terkait kenaikan inflasi. Selain itu, investor memandang bahwa kebijakan Bank Indonesia yang menahan BI 7-Day Reverse Repo Rate di level 3,5 persen menunjukkan kekhawatiran bank sentral terhadap ketidakpastian global.

"Kami cukup kecewa, karena Bank Indonesia tidak memberikan sebuah pandangan khusus terkait dengan rencana kenaikan suku bunga The Fed sebanyak tiga kali, tahun depan," ujar Nico Demus.

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan adanya potensi pelemahan lanjutan pada laju IHSG hari ini, Pilarmas Sekuritas mencermati perkembangan saham ARTO, ICBP dan EXCL.

Tags : IHSG , Saham Rekomendasi