BI: Kegiatan Usaha Pada Triwulan IV 2021 Tumbuh Melambat

| Jum'at, 14/01/2022 11:33 WIB
BI: Kegiatan Usaha Pada Triwulan IV 2021 Tumbuh Melambat Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) merilis hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) pada triwulan IV 2021 yang tumbuh positif meski melambat. Hal ini tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 7,10 persen atau sedikit lebih rendah dari SBT sebesar 7,58 persen pada triwulan III 2021.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono menjelaskan SBT periode triwulan IV 2021 lalu meningkat dibandingkan dengan SBT sebesar -3,90 persen pada triwulan IV 2020. Peningkatan kinerja usaha terindikasi pada sektor Industri pengolahan, perdagangan, hotel dan restoran, pengangkutan serta komunikasi.

"Peningkatan ini didorong oleh meningkatnya permintaan sejalan dengan pelonggaran kebijakan pembatasan mobilitas di berbagai daerah, serta perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) natal dan libur akhir tahun," ujar Erwin dalam keterangannya, Jumat 14 Januari 2022.

Sejalan dengan perkembangan kegiatan usaha tersebut, kapasitas produksi terpakai pada triwulan IV 2021 tumbuh sebesar 72,60 persen. Nilai ini sedikit lebih rendah dari 73,30 persen pada triwulan sebelumnya namun lebih tinggi dibandingkan dengan 71,96 persen pada triwulan IV 2020. Penggunaan tenaga kerja diindikasikan membaik meski masih dalam fase kontraksi. 

"Sementara itu, kondisi keuangan dunia usaha terindikasi membaik dibandingkan dengan kondisi pada periode sebelumnya, baik dari aspek likuiditas maupun rentabilitas, didukung oleh akses pembiayaan yang lebih mudah," ulasnya.

Pada triwulan I 2022, diperkirakan kegiatan usaha akan meningkat dengan SBT sebesar 9,39 persen. Peningkatan tersebut bersumber dari beberapa sektor utama yang mencatat kinerja positif, terutama sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan dan perikanan.

"Hal sejalan dengan periode panen raya tanaman bahan makanan, serta sektor industri pengolahan seiring dengan perkiraan meningkatnya permintaan," pungkas dia.

Tags : Kegiatan Usaha , BI

Berita Terkait