Perdana, RI Ekspor Kelapa Parut ke Bulgaria

| Sabtu, 09/04/2022 12:37 WIB
Perdana, RI Ekspor Kelapa Parut ke Bulgaria Kelapa Parut (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Beberapa waktu lalu pemerintah resmi melepas ekspor perdana produk olahan kelapa parut kering ke Bulgaria.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi yang turut melepas ekspor tersebut mengatakan, berbagai upaya terobosan perlu ditempuh untuk menembus pasar nontradisional seperti Bulgaria.

Adapun perusahaan yang melakukan ekapansi bisnis ke Eropa ini adalah PT Sasa Inti.

“Pelepasan kontainer ekspor perdana kelapa parut kering Sasa ke Bulgaria hari ini menjadi suatu kebanggaan karena merupakan bentuk terobosan pelaku usaha Indonesia untuk menembus pasar nontradisional. Memperkenalkan kelapa parut kering ke pasar internasional membutuhkan waktu dan tenaga, tetapi ternyata berhasil dilakukan di Bulgaria. Kami harap perwakilan RI di Bulgaria akan terus membuka pasar Bulgaria bagi produk-produk Indonesia lainnya,” kata Mendag Lutfi dalam keterangannya, Sabtu 9 April 2022.

Mendag Lutfi menambahkan, keberhasilan ekspor perdana kelapa parut kering tidak lepas dari kerja keras Kedutaan Besar RI di Sofia, Bulgaria. “Pemerintah Indonesia sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas apa yang telah dilakukan Duta Besar RI di Bulgaria dalam membuka pasar produk-produk Indonesia di pasar Bulgaria,” ujar Mendag Lutfi.

Sebagai informasi, pada 2021, ekspor kelapa parut kering Indonesia ke Bulgaria mencapai nilai USD 198 ribu. Indonesia berada di urutan ketiga eksportir kelapa parut kering ke Bulgaria. Negara pesaing dari ASEAN untuk produk sejenis di pasar Bulgaria adalah Singapura di urutan kedua dan Malaysia di urutan kelima.

Sementara itu, di periode yang sama, ekspor kelapa parut kering Indonesia ke dunia mencapai USD 234,67 juta. Lima negara tujuan ekspor terbesar kelapa parut kering Indonesia adalah Jerman, Rusia, Singapura, Belanda, dan Mesir.

Tags : kelapa parut , bulgaria

Berita Terkait