Belanja BUMN Terhadap Produk UMKM Sudah Terealisasi Rp20 Triliun

| Senin, 09/05/2022 08:20 WIB
Belanja BUMN Terhadap Produk UMKM Sudah Terealisasi Rp20 Triliun Produk UMKM (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menguatkan anggaran BUMN untuk belanja produk UMKM khusus untuk nilai tender di bawah Rp400 juta.

Melalui penguatan tersebut, sudah ada lebih dari 15.000 UMKM tergabung dalam Pasar Digital atau PaDi UMKM dengan transaksi yang tercatat mencapai Rp20 triliun.

Menteri Teten mengatakan bahwa produk UMKM saat ini berkualitas dan mengikuti tren masyarakat yang meminati produk yang unik dan langka. Sebab, sebagian besar KUMKM di tanah air merupakan penghasil produk artisan yang memiliki keunikan dan tidak diproduksi secara banyak.

“Produk UMKM tidak kalah dengan produk industri, karena ini produk artisan dan ini jadi keunggulan karena barangnya langka, jadi semakin langka semakin bagus," ucap Menteri Teten dalam keterangannya, Senin 9 Mei 2022.

Oleh karena itu, ia mendorong kementerian/lembaga dan BUMN untuk mengoptimalkan belanja produknya pada produk dan jasa KUMKM yang kini terus meningkatkan kualitas dan kuantitasnya

Ia mengatakan, saat ini pihaknya tengah fokus untuk mempromosikan beragam produk UMKM yang sudah dikurasi untuk unjuk gigi di berbagai perhelatan side event G20.

“Kami ingin mendorong UMKM agar siap masuk pasar global," katanya.

Tags : UMKM , BUMN , PaDi