BI Sebut Inflasi April Tetap Terkendali

| Rabu, 11/05/2022 09:07 WIB
BI Sebut Inflasi April Tetap Terkendali Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (gambar: gurupendidikan.co.id)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) menilai inflasi Bulan April sebesar 0,95% (mtm) masih tetap terkendali.

“Inflasi tetap terjaga di tengah permintaan domestik yang meningkat, didukung stabilitas nilai tukar yang terjaga, dan konsistensi kebijakan Bank Indonesia dalam mengarahkan ekspektasi inflasi,” kata Direktur Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangannya, Rabu 11 Mei 2022.

Dia mengatakan pihaknya berupaya menjaga stabilitas harga dan memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah, guna menjaga inflasi di kisaran sasaran 3,0±1% pada 2022.

Berdasarkan komoditasnya, inflasi inti April 2022 terutama disumbang oleh komoditas kue kering berminyak dan mobil seiring dengan peningkatan harga minyak goreng dan peningkatan mobilitas masyarakat.

Sementara untuk kelompok volatile food pada April 2022 mengalami inflasi 2,30% (mtm), meningkat dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 1,99% (mtm).

Peningkatan tersebut terutama dipengaruhi oleh inflasi minyak goreng, daging dan telur ayam ras, serta ikan segar seiring dengan penyesuaian Harga Eceran Tertinggi (HET) pada minyak goreng kemasan, peningkatan biaya pakan, dan kendala kondisi cuaca.

Di samping itu, kenaikan inflasi volatile food juga disebabkan oleh meningkatnya permintaan seiring dengan peningkatan mobilitas dan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN). Secara tahunan, kelompok volatile food mengalami inflasi 5,48% (yoy), meningkat dari bulan sebelumnya sebesar 3,25% (yoy).

Secara tahunan, inflasi inti April 2022 mencapai 2,60% (yoy), meningkat dibandingkan periode bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 2,37% (yoy).

Tags : Bank Indonesia , Inflasi April

Berita Terkait