India Resmi Bekukan Ekspor Gandum

| Selasa, 17/05/2022 07:27 WIB
India Resmi Bekukan Ekspor Gandum Sektor Pertanian Gandum (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - India resmi mengeluarkan larangan ekspor gandum. Kebijakan ini dikeluarkan imbas kurangnya stok gandum di pasar global termasuk di India sendiri.

Seperti diketahui, India merupakan negara produsen gandum terbesar ketiga di dunia setelah Rusia dan China.

Perang Rusia - Ukraina telah menyebabkan defisit gandum sehingga harganya naik mencapai 58% dari harga normal.

Menanggapi hal ini, Direktur Center of Economic and Law Studies Celios Bhima Yudhistira mengatakan pemerintah perlu menyiapkan strategi untuk memitigasi dampak buruk yg akan terjadi. Pasalnya Indonesia juga akan terimbas efek kebijakan ini mengingat Indonesia secara aktif masih mengimpor gandum untuk kebutuhan dalam negeri.

"Kalau India melakukan proteksionisme dengan larang ekspor gandum, sangat berisiko bagi stabilitas pangan didalam negeri," kata dia seperti dikutip Republika, Selasa 17 Mei 2022.

Menurut Bhima, salah satu dampak yang ditimbulkan dari pelarangan ekspor gandum di India adalah semakin berkurangnya stoo gandum di pasar internasional. Mau tidak mau, pengusaha harus segera mencari sumber alternatif gandum.

"Sekarang harus dihitung berapa stok gandum di tanah air, dan berapa alternatif negara penghasil gandum yang siap memasok dalam waktu dekat. Bukan tidak mungkin, Pemerintah Indonesia bersama negara lain melakukan gugatan kepada India ke WTO karena kebijakan unilateral India merugikan konsumen dan industri di Indonesia," tutup Bhima.

Tags : Gandum , India , ekspor