Koperasi Petani Sawit Didorong Bangun Pabrik Minyak Sendiri

| Jum'at, 27/05/2022 11:11 WIB
Koperasi Petani Sawit Didorong Bangun Pabrik Minyak Sendiri Sektor Perkebunan Kelapa Sawit (Doc: Indonesia)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah tengah mempersiapkan sejumlah koperasi petani sawit untuk membangun pabrik minyak sawit merah.

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengatakan saatnya petani sawit berkoperasi agar bisa mengakselerasi hilirisasi dan memenuhi kebutuhan minyak goreng dalam negeri. 

“Salah satu pesannya adalah, supaya asosiasi petani bisa membangun pabrik minyak sawit merah atau minyak makan merah. Serta inisiatif Kelompok Petani Sawit Swadaya untuk berperan dalam tata produksi minyak sawit dan minyak goreng melalui organisasi koperasi,” kata MenKopUKM Teten Masduki di Kantor KemenKopUKM, Jakarta, Jumat 26 Mei 2022.

Menteri Teten mengungkapkan, akan ada piloting pembangunan pabrik pengolahan minyak sawit merah di sejumlah lokasi, antara lain: Kalimantan Tengah, Riau, dan Jambi. Termasuk membentuk gugus tugas pembangunan pabrik minyak sawit merah yang melibatkan KemenKopUKM, LPDB-KUMKM, BPDPKS, serta asosiasi dan organisasi petani.

Tujuannya adalah untuk mewujudkan keinginan petani sawit menjadi bagian supply chain minyak goreng di dalam negeri sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan petani sawit.

“Jadi para petani tak harus pusing lagi di mana menjual buah tandan segar (TBS) sawit,” kata Teten. 

KemenKopUKM juga akan menyiapkan ekosistem serta membangun korporatisasi petani yang terhubung dengan market, pembiayaan, dan teknologi pengolahan yang modern. 

“Dari sisi pembiayaan, kita juga akan mengkombinasikan pembiayaan swadaya petani dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), LPDB, dan perbankan,” kata Menteri Teten. 

Ia optimistis, upaya pembangunan pabrik minyak sawit merah oleh koperasi ini akan mampu memenuhi kebutuhan minyak goreng dalam negeri.

Tags : Petani Sawit , Koperasi Sawit

Berita Terkait