Pemerintah Gencar Bangun KEK untuk Gaet Investor

| Jum'at, 01/07/2022 10:13 WIB
Pemerintah Gencar Bangun KEK untuk Gaet Investor Proyek Movieland di Lido City (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah terus menggencarkan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) guna menarik lebih banyak investor.

Salah satu KEK yang sedang dalam tahap pembangunan yakni KEK Lido yang terletak di Provinsi Jawa Barat.

“Tadi dibahas progres KEK Lido, antara lain tentang penguasaan lahan yang sudah 80%, kemudian akses jalan dan infrastruktur hampir lengkap, yang ditargetkan sebagian fasilitas dapat beroperasi pada akhir tahun nanti,” jelas Menko Airlangga dalam keterangannya, Jumat 1 Juli 2022.

Keberadaan KEK Lido di Pulau Jawa menjadi nilai lebih, sehingga diharapkan dapat memenuhi target investasi lima tahun senilai US$1,8 miliar atau Rp26,64 triliun.

Pada tahun pertama nilai investasi pembangunan kawasan dan pelaku usaha telah terealisasi Rp2,07 triliun atau 7,77% dari total nilai investasi.

KEK Lido juga diharapkan dapat memenuhi target lima tahun tersebut dengan menyerap tenaga kerja hingga mencapai 21.154 orang, dimana saat ini sudah terserap sebanyak 1.192 tenaga kerja.

“Kegiatan seperti ini akan menyerap tenaga kerja yang besar, terutama di theme park dan sarana hospitalitylainnya, kemudian sedang dibangun data center. Hal ini akan mendorong kegiatan industri kreatif, termasuk movieland. Kami berharap banyak produk kreatif dihasilkan dari sana,” kata Menko Airlangga.

Saat ini, di area KEK Lido juga sedang dibangun beberapa proyek besar seperti Lido Hotel and Resort Extension, golf course, golf club, movieland, theme park, music and art center, serta infrastruktur dan sarana-prasarana lainnya. Untuk World Championship 18-holes golf course dan Lido Music and Arts Centreditargetkan selesai pada akhir 2022.

Dengan lokasi premium dan menyajikan fasilitas prima, KEK Lido diharapkan akan mampu menghadirkan wisatawan premium atau menengah ke atas.

Tags : KEK , Ekonomi , Lido

Berita Terkait