Subsidi Energi Krusial untuk Jaga Daya Beli Masyarakat

| Rabu, 20/07/2022 10:54 WIB
Subsidi Energi Krusial untuk Jaga Daya Beli Masyarakat Pembangkit Listrik (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM- Pemerintah menilai bahwa subsidi energi yang digelontorkan dari APBN memiliki peran krusial dalam menjaga daya beli masyarakat.

Kepala Kebijakan Fiskal Febrio Kacaribu mengatakan mempertahankan harga jual energi domestik saat ini sangat membantu masyarakat untuk tetap membelanjakan kebutuhannya.

“Penting, meskipun ada konsekuensi naiknya belanja subsidi energi dan kompensasi,” Kata Febrio dalam keterangannya, Rabu 20 Juli 2022.

Dia menjelaskan APBN juga mengambil peran penting sebagai shock absorber dengan meredam kenaikan tekanan harga komoditas global.

“Jika tekanan harga komoditas global dibiarkan tertransmisi pada harga-harga domestik, inflasi Indonesia kemungkinan akan setinggi inflasi di banyak negara. Dampaknya adalah kenaikan tingkat kemiskinan penduduk,” ujar Febrio.

Pemerintah lanjut dia akan terus meningkatkan kualitas dan efektivitas belanja serta memperkuat program-program yang memberikan perlindungan pada masyarakat.

“Ke depan, Pemerintah akan terus berupaya menjaga keberlanjutan pemulihan ekonomi nasional sehingga akan menciptakan kesempatan kerja baru. Upaya menjaga kesehatan fiskal juga cukup krusial sehingga dapat berperan optimal sebagai shock absorber yang mampu meredam gejolak yang terjadi sehingga masyarakat khususnya kelompok miskin dan rentan dapat tetap terlindungi,” tutup Febrio.

Tags : APBN , Subsidi Energi