Banggar DPR RI Minta Pemerintah Solid Cari Solusi Pelemahan Rupiah

| Senin, 22/04/2024 16:44 WIB
Banggar DPR RI Minta Pemerintah Solid Cari Solusi Pelemahan Rupiah Cucun Ahmad Syamsurijal (Wakil Ketua Banggar DPR RI). (Foto: twitter @FraksiPKB)

RADARBANGSA.COM - Wakil ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal mengingatkan agar para pemangku kepentingan melakukan penanganan yang intensif. Supaya, kata Cucun, pertumbuhan ekonomi di Indonesia tetap dalam kondisi aman.

"Maka, jelas-jelas harus ada penanganan ekstra dari pemangku kebijakan fiskal maupun moneter. BI (Bank Indonesia) harus koordinasi. Kita perlu mengambil langkah yang menumbuhkan ‘growth’ negara, dengan belanja produktif. Kita juga perlu melakukan ekspor komoditas yang mengimbangi kelemahan rupiah," ujarnya dikutip dari laman resmi DPR RI, Senin, 22 April 2024.

Di sisi lain, Politisi Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) itu juga menyampaikan bahwa DPR telah meminta Pemerintah Indonesia untuk membuat langkah antisipasi supaya dampak negatif dari pelemahan rupiah bisa ditekan sehingga tidak menyengsarakan rakyat.

Ia mengungkapkan, DPR, melalui Banggar DPR RI, akan menindaklanjuti isu ini. Sebab itu, Banggar DPR akan menyusun jadwal untuk menyelenggarakan rapat evaluasi bersama dengan pemerintah. 

"Jika terjadi deviasi, maka langsung ada perubahan Undang-Undang APBN supaya tata kelola keuangan negara terjaga aman," pungkasnya.

Tags : DPR RI , Banggar , Rupiah , Indonesia , APBN , Keuangan