Ukraina Belum Temukan Rute Aman untuk Kapal Ekspor Biji - Bijian

| Jum'at, 29/07/2022 19:48 WIB
Ukraina Belum Temukan Rute Aman untuk Kapal Ekspor Biji - Bijian Kapal Peti Kemas (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Rusia dan Ukraina pada minggu lalu menyepakati pembukaan ekspor biji – bijian bagi ukraina.

Menteri Infrastruktur Ukraina Oleksandr Kubrakov mengatakan, bahwa pengiriman ekspor gandum Ukraina mulai dibuka Jumat esok, 29 Juli 2022, waktu setempat. Namun nampaknya tanggal yang ditetapkan akan mundur dari yang seharusnya.

Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa Ukraina sudah siap melakukan pengiriman. Namun prosedur kapal beserta rute laut yang akan digunakan masih belum bisa memenuhi prosedur yang aman.

Memang fokus utama Rusia saat ini adalah pelabuhan Chornomorsk, di mana sebuah kapal berisikan gandum sudah disiapkan untuk berangkat, namun beberapa pihak menilai jika Ukraina masih belum menemukan rute yang aman.

Di tempat terpisah Perwakilan PBB menilai jika prioritas utama saat ini adalah bagaimana Kapal Rusia bisa melewati Laut Hitam dengan aman. Pasalnya wilayah itu dipenuhi oleh ranjau dan militer Rusia.

Meskipun peluncuran kapal pertama ini menjadi penanda berjalannya ekonomi rusia, namun kapal biji-bijian pertama ini lebih seperti umpan untuk membuka jalur pemblokiran.

“Ini bukan hanya soal apakah ada kapal, atau dua, atau tiga yang tersedia di pelabuhan yang siap untuk pindah. Mereka perlu bergerak dengan aman dan itu berarti kita harus jelas di mana tepatnya saluran itu,” kata Kepala bantuan PBB Martin Griffiths dikutip Aljazeera, Jumat 29 Juli 2022.

Sebelum invasi Rusia, kedua negara tersebut menyumbang sepertiga dari ekspor gandum dunia. Rusia juga ingin melanjutkan ekspor biji-bijian dan pupuknya sendiri.

Tags : ekspor biji - bijian , zelensky

Berita Terkait