Menkeu Sebut Inflasi Tetap Terjaga Meski Meningkat

| Rabu, 03/08/2022 11:24 WIB
Menkeu Sebut Inflasi Tetap Terjaga Meski Meningkat Petugas Mengangkut Pupuk Melalui Kontainer Truk (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut bahwa inflasi Indonesia tetap terjaga meski dalam jalur meningkat.

Menurut hasil Konferensi Pers Berkala III KSSK 2022 laju inflasi Juli 2022 tercatat 4,94% (year-on-year/yoy), meningkat dibandingkan Juni 2022 yang tercatat 4,35% (yoy).

Namun demikian Menkeu menilai inflasi ini cukup stabil mengingat pengaruhnya yang tidak besar ke kelompok administered price.

“Tetap membuat inflasi Indonesia yang 4,94% year on year masih relatif moderat,” kata Menkeu dalam konferesi Pers Berkala, dikutip Rabu 3 Agustus 2022.

Sementara itu, inflasi inti tetap terjaga pada level 2,86% (yoy).

Di sisi lain inflasi kelompok volatile food meningkat terutama akibat kenaikan harga pangan global dan juga terganggunya pasokan akibat cuaca.

Sementara, inflasi pada kelompok administered prices mengalami kenaikan dipengaruhi oleh kenaikan harga tiket angkutan udara.

“Dengan langkah tersebut, dibandingkan dengan peers atau negara-negara yang sekelompok atau selevel dengan Indonesia seperti Thailand yang telah mengalami inflasi 7,7%, India inflasinya di 7%, dan Filipina di 6,1%, maka inflasi Indonesia yang 4,94% year on year masih relatif moderat,” pungkas Menkeu.

Tags : Inflasi , Kemenkeu