Pemerintah Optimis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II di atas 5 Persen

| Kamis, 04/08/2022 22:23 WIB
Pemerintah Optimis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II di atas 5 Persen Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (gambar: gurupendidikan.co.id)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II tahun 2022 masih akan berada sedikit di atas 5 persen. Hal ini berkat pentingkatan konsumsi masyarakat dan membaiknya industri manufaktur.

“Kita masih menjaga inflasi kita saat sekarang masih di sekitar kemarin diumumkan 4,9 (persen). Namun, kita lihat pertumbuhan ekonomi kita masih sedikit di atas 5 persen,” kata Menteri Koordinator bidang Ekonomi, Airlangga Hartarto di Jakarta, Kamis 4 Agustus 2022.

Airlangga menjelaskan bahwa Badan Pusat Statistik atau BPS akan mengumumkan pertumbuhan ekonomi di kuartal II. Tetapi Pemerintah mengaku optimis aka nada pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen.

Airlangga menuturkan bahwa kenaikan inflasi dipicu oleh kenaikan beberapa komoditas pangan dan energi. Namun, ia menuturkan bahwa hingga saat ini pemerintah terus mempertahankan daya beli masyarakat.

“Indonesia tidak melakukan pass through harga, berbeda dengan negara lain. Tentu jumlah subsidi yang diberikan di tahun ini kan sudah disetujui oleh DPR sehingga tentu itu menjadi jaringan pengaman sosial di masyarakat,” tuturnya.

Tags : Pertumbuhan Ekonomi , Airlangga Hartarto